Pontianak (Antaranews Kalbar)- Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar Sutarmidji dan Ria Norsan mengajak masyarakat Kalbar untuk kembali bersatu membangun provinsi itu agar lebih baik lagi dari provinsi lainnya di Kalimantan.

"Setelah dilantik oleh presiden, kami akan langsung bekerja serta berkomitmen untuk merealisasikan program pembangunan yang telah dijanjikan selama masa kampanye. Untuk itu, kami mengajak semua masyarakat untuk bersatu dalam membangun provinsi ini," kata Sutarmidji saat menyampaikan pidato perdana di depan masyarakat dan berbagai organisasi lintas etnis di Pontianak, Kamis.

Dia mengatakan, saat dilantik dirinya berhadapan langsung dengan Presiden Jokowi dan ketika bersalaman Presiden Jokowi akan melanjutkan membantu pembangunan di Kalbar.

Baca juga: Masyarakat pehuluan tunggu janji Gubernur baru

Ia pun meminta kepada Presiden Jokowi untuk pembangunan ruas jalan dari kota Pontianak hingga kabupaten Kapuas Hulu guna diperluas.

"Saya sudah meminta kepada pak presiden untuk ruas jalan dari kota Pontianak ke Kabupaten Sintang kalau perlu sampai ke Kapuas Hulu untuk dilebarkan hingga 7 sampai 9 meter. Agar akses jalan yang dilalui masyarakat bisa cepat dan mendongkrak perekonomian di daerah. Saya yakin bisa terwujudkan," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan mengungkapkan tidak lama lagi Provinsi Kalbar akan mempunyai pelabuhan internasional yang dapat mendorong daerah lebih maju dan ekonomi naik.

"Pelabuhan internasional ini akan dibangun dua tahap, untuk tahap pertama sudah dimulai dan sekarang sudah masuk tahap kedua. Insyaallah nanti di akhir tahun 2019 akan segera beroperasi," tuturnya.

Baca juga: Apindo harap gubernur baru Kalbar hilangkan monopoli bisnis

Ria Norsan menambahkan, ia mengajak kepada seluruh masyarakat Kalbar bahwa pemilihan kepala daerah sudah selesai dan kini saatnya bersatu guna membangun Kalbar lebih maju kedepannya.

"Kami mengajak seluruh masyarakat Kalbar dan seluruh etnis yang ada kita bersatu membangun Kalbar lebih maju. Kalau tidak ada persatuan, kebersamaan seluruh masyarakat Kalbar tidak mungkin Kalbar lebih baik," tegasnya.

Harapannya Gurbernur dan Wakil Gubernur ini merupakan sebagai pelayan masyarakat untuk kedepannya Kalbar lebih baik dan maju dari provinsi lainnya yang ada di pulau Kalimantan.

Usai dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Sutarmidji dan Ria Norsan bersama istri disambut dalam prosesi acara adat Melayu "tepung tawar" di Lanud Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Kamis pagi.

Setelah prosesi adat, Gubernur Kalbar langsung melakukan sungkeman kepada ibunda tercinta meminta restu untuk memimpin sebagai Gubernur Kalbar.?

Selanjutnya Sutarmidji dan Ria Norsan di arak ke rumah dinas gubernur diiringi tanjidor dan disambut oleh masyarakat Kalbar yang hadir di rumah dinas tersebut.



 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018