Putussibau (Antaranews Kalbar)- Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Tentara Diraja Malaysia (TDM) berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dalam menjaga daerah perbatasan di wilayah Kalimantan Barat dengan melaksanakan patroli terkoordinasi secara bersama - sama.

" Setiap negara berupaya mengadakan kerja sama regional untuk menentukan batas-batas wilayah teritorialnya termasuk Indonesia - Malaysia," kata Panglima Kodam XII Tanjungpur, Mayjen TNI Ahmad Supriyadi saat menutup patroli bersama di halaman Pos Pemeriksaan Lintas Batas (PLN) Indonesia - Malaysia di Kecamatan Badai, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Sabtu.

Ia menjelaskan patroli bersama yang sudah dilaksanakan itu dapat memberikan manfaat bagi kedua negara, di antaranya mencegah berbagai kegiatan ilegal serta bentuk kejahatan lainnya seperti narkoba dan penyelundupan lainnya. 

" Sebagai negara bertetangga kita harus sama - sama mencegah tindak kejahatan seperti kegiatan ilegal dan penyelundupan serta sama-sama menjaga tapal batas sehingga selalu tercipta hubungan baik kedua negara," jelas Supriyadi.

Sementara itu, Panglima Divisi 1 TDM Toh Choon Siang mengatakan patroli terkoordinasi kedua negara itu dapat memberantas dan mencegah aktivitas yang melanggar undang - undang di perbatasan Indonesia-Malaysia. 

Dirinya berharap hubungan Indonesia dan Malaysia selalu bersahabat dan terus bersama - sama menjaga kedamaian di perbatasan.

" Kita harapkan terjalin hubungan baik antara tentara Indonesia dan tentara Malaysia," demikian Toh Choon Siang. 
Baca juga: Melihat kiprah TNI di perbatasan Kalbar

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018