Pontianak (Antaranews Kalbar) - Tim Satgas Pangan Polda Kalbar, AKP. Sitorus mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus memantau harga pangan agar tetap stabilitas dan stok di pasar tetap terjaga.

 "Saat ini harga relaif stabil dan bahkan di bawah Harga Eceran Tertinggi atau HET. Hal itu terus kita pantau agar harga tetap stabil," ujarnya di Pontianak, Sabtu.

 Ia menjelaskan dengan stabilnya harga di Kalbar saat ini menunjukan peran pemerintah melalui Satgas Pangan berjalan dengan baik.

"Kita akan terus memperkuat koordinasi dan sinergi agar pencapaian yang ada terus dipertahankan dan terpenting harga terus terkendali," papar dia.

 Terkait laporan masyarakat, menurutnya sejauh ini masih belum ada yang masuk ke Satgas Pangan. Hal itu karena fakta di lapangan tidak ada harga yang bergejolak secara signifikan.

 "Kita akan siap mengecek laporan masyarakat jika terjadi spekulan dan penimbunan bahan pokok. Kita akan menindak jika berdampak atau meresahkan masyarakat," katanya.

Lanjutnya, meski tidak ada laporan dari masyarakat pihaknya tetap terus memantau harga dan lainnya. Bahkan pihaknya terus mengecek secara rutin ke distributor - distributor bahan pangan untuk pengendalian harga.

"Pada intinya jika ada kenaikan harga bahan pokok yang signifikan dan kelangkaan maka kita akan segera turun mengecek apakah permasalahnnya, baik itu soal distribusinya atau karena permainan spkeluan," katanya.

Perihal kelengkaan gas subsidi 3 kilogram yang saat ini terajadi, pihaknya sudah turun mengecek kendala di lapangan. Menurutnya untuk gas subsidi butuh waktu mulai dari pengisian, distribusi dan baru ke konsumen.

"Dari hasil pemantau karena terkendala distribusi. Namun Satgas Pangan koordinasi soal itu untuk segera diatasi,"katanya.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018