Pontianak (Antaranews Kalbar) - PT Antam Tbk Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Bauksit-Tayan bertempat di Hotel Golden Tulip Pontianak, kembali menyalurkan sebanyak 44  bantuan beastudi dan tugas akhir bagi mahasiswa D3 dan SI. 

Penyaluran dana itu bertemakan "Education For Sustainable Future” dan diberikan kepada mahasiswa asal 10 desa dari Kecamatan Tayan Hilir, Toba dan Meliau.

"Program pendidikan merupakan program CSR yang menjadi prioritas utama bagi kami karena kami sadari bahwa pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kemajuan Negara pada umumnya dan dalam hal ini Kabupaten Sanggau pada khususnya," kata General Manager Unit Bisnis Pertambangan Bauksit-Tayan PT ANTAM Tbk, Purwanto di Pontianak, Jumat.

Dikatakannya, program pendidikan itu
menjadi fokus Tim CSR PT ANTAM Tbk UBP Bauksit untuk membantu kualitas pendidikan di Kecamatan Tayan Hilir, Toba dan Meliau terutama desa lokasi IUP yang menerima dampak langsung Kegiatan Operasional PT ANTAM Tbk-UBP Bauksit

Purwanto kembali menjelaskan, bahwa
Penyaluran CSR tersebut merupakan  penyaluran tahun kedua dari PT ANTAM Tbk UBP Bauksit kepada sembilan desa yang berada di tiga kecamatan tersebut. Dan, program ini diberikan kepada putra putri daerah yang merupakan mahasiswa yang sedang melaksanakan studinya di area Pontianak dan sekitarnya.

"Beastudi dan bantuan penyusunan tugas akhir ini diberikan selama setahun dan akan direview kembali pada tahun depan," katanya.

Selain itu, program ini diberikan dengan memperioritaskan kepada mahasiswa yang paling membutuhkan dengan mempertimbangkan berbagai aspek dan kriteria yang penilaiannya melibatkan unsur pemerintah desa dan stakeholder terkait. "Insya Allah pada tahun depan apabila akan dilaksanakan program yang sama, maka data yang kami gunakan adalah hasil evaluasi terhadap data pada tahun ini," katanya

Adapun ke 41 mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dan tugas akhir untuk D3/S1, yakni delapan mahasiswa mendapatkan beastudy D3 dan 28 mahasiswa mendapatkan beastudy S1 dan lima mahasiswa mendapatkan beasiswa tugas akhir S1.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Toba, Jemain mengatakan kegiatan CSR ANTAM seperti ini tentu harus diapresiasi setinggi-tingginya. Dimana ANTAM sangat mendukung program Bupati yaitu "Sanggau Pintar".

"Ini menunjukan perhatian dan keseriusan PT ANTAM Tbk terhadap pembangunan di Kabupaten Sanggau, yang mudah-mudahan diikuti oleh perusahaan-perusahaan lain. Kepada ANTAM kami berharap program seperti ini dapat berlanjut karena sangat membantu sekali mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk menyelesaikan studinya," kata Jemain.

Kepada para penerima beastudi itu, Jemain berpesan agar benar-benar memanfaatkan beastudi yang didapat dengan menamatkan studinya dengan baik. "Teruslah bersemangat menyelesaikan kuliah kalian agar nanti bisa berguna untuk bangsa dan negara serta mau kembali ke daerah asal untuk ikut membangun," katanya.

Umi Salamah, mahasiswi jurusan Administrasi Bisnis D3 AB Politeknik Negeri Pontianak dalam kesempatan yang sama mengatakan dirinya tentu sangat berterima kasih menjadi salah satu yang menerima beasiswa tersebut.

"Saya menyadari saya salah satu yang menerima beastudi dari PT ANTAM Tbk UBP Buaksit-Tayan, saya berjanji kesempatan ini akan saya manfaatkan sebaik-baiknya untuk rajin belajar dan menyelesaikan D3 saya dengan baik," katanya.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018