Pontianak (Antaranews Kalbar) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menggelar musyawarah Lembaga Pendidikan Tilawatil Quran (LPTQ) untuk persiapan kegiatan STQH XXV tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Kota Pontianak, tahun 2019.

"Melalui musyawarah LPTQ Kalbar ini, saya mengharapkan panitia STQH tingkat Nasional yang sudah dibentuk bisa mulai melakukan persiapan dari saat ini," kata Sutarmidji usai menghadiri Musyawarah LPTQ Kalbar, di Pontianak, Kamis.

Dirinya berpesan agar dalam kegiatan STQH nasional ke XXV itu bisa memberikan kesan yang bekas tidak hanya bagi peserta, tetapi juga bagi masyarakat Kalbar.

"Kalau perlu kegiatan itu kita buat seunik-uniknya dengan persiapan yang matang agar dalam pelaksanaannya memberikan kesan yang dalam bagi semua pihak. Bila perlu kita buat panggung STQH Nasional di tengah Sungai Kapuas dan penonton bisa menontonnya di tepian sungai," sarannya.

Baca juga: LPTQ Kalbar Bagikan Bonus Peserta STQ Nasional
Baca juga: STQ Kalbar Siap Digelar 6 - 12 Mei
Baca juga: Sekda Harapkan LPTQ Prioritaskan Pembinaan Qari/Qariah Kalbar

Dirinya juga berkeinginan jika kegiatan itu bisa memberikan kesan mendalam dengan menggelar pengajian selama tiga hari di titik 0 di Tugu Khatulistiwa.

"Kita bayangkan, kita melantunkan ayat suci Al Quran di tengah dunia, sehingga mimbar yang ada bisa kita buat dengan bentuk bola dunia dan nantinya setiap apa yang dibangun untuk pelaksanaan kegiatan itu bisa menjadi monumen yang kita kenang bersama, sehingga anggarannya tidak mubazir," kata Sutarmidji.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan mengatakan, pihaknya saat ini juga telah mempersiapkan pelaksanaan kegiatan STQH XXI tingkat Provinsi Kalbar yang juga akan dilaksanakan pada tahun 2019.

Sebagai tuan rumah STQH XXV tingkat Provinsi Kalbar, yang akan dilaksanakan di Kota Singkawang, Pemkot Singkawang akan melakukan berbagai persiapan mulai dari saat ini.

Dia menyatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan mulai dari desain panggung STQH sampai rangkaian kegiatannya. Bahkan, pihaknya telah melibatkan berbagai pihak untuk melakukan persiapan penataan Kota Singkawang, untuk memeriahkan kegiatan tersebut.

"Rencananya kegiatan STQH tingkat provinsi Kalbar ini akan dilaksanakan pada bulan April, usai pelaksanaan Pemilu. Kami sebagai tuan rumah, akan mempersiapkan berbagai hal dengan baik agar kegiatan ini memberi kesan bagi semua pihak," katanya.

Irwan menyatakan, dari sisi penginapan, pihaknya sudah membicarakan hal itu kepada pihak PHRI untuk penyediaan hotel dan dipastikan tidak ada masalah. Demikian dengan tempat pelaksanaan, rencananya ada dua tempat yang akan digunakan, yaitu Stadion Kridasana Singkawang dan halaman Singkawang Grand Mall.

"Kita akan melibatkan berbagai pihak, termasuk sekolah untuk mobilisasi drum band dan masa, serta pihak lainnya untuk memeriahkan kegiatan ini, tanpa mengesampingkan dam tetap mengutamakan nilai-nilai Islam yang terkandung dalam kegiatan itu," kata Irwan.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019