Sanggau (Antaranews Kalbar)  - Komisioner Bawaslu Kabupaten Sanggau bidang Sumber Daya Manusia, Saparudin mengungkapkan, menjelang pelaksanaan pilpres dan pileg pada April mendatang, pihaknya terus menguatkan kapasitas unsur lembaga tersebut hingga tingkat desa.
    "Kita saat ini terus berupaya menguatkan kapasitas SDM. Langkah ini untuk mensukseskan pelaksanaan pilpres dan pileg," ujarnya di Sanggau.
    Dijelaskan, penguatan dimaksud melalui pembinaan kepada seluruh Panwascam di tiap kecamatan, bahkan ke tingkat desa yang ada di Kabupaten Sanggau.
    "Sasaran awalnya atau pembinaan pembinaan ke seluruh panwascam yang ada di Kabupaten Sanggau dalam kegiatan penguatan kapasitas tersebut," ungkapnya.
    Selain itu, Bawaslu Kabupaten Sanggau juga melaksanakan pelatihan dan penguatan kapasitasnya serta pengawasannya hingga tingkat desa. "Panwaslu desa juga sebagai ujung tombak dari Bawaslu Kabupaten. Untuk itu kita rutin melaksanakan pembinaan untuk penguatan kapasitas serta untuk sosialisasi di desanya masing-masing. Gunanya untuk melakukan upaya pencegahan terjadinya kecurangan saat pemilihan umum nantinya," terang Udin.
    Menurut Udin, mengingat pentingnya dilakukan penguatan kapasitas SDM para pengawas pemilu maka dituntut untuk mampu berkomunikasi secara efektif dan efisien dalam menjalankan tugasnya melalui upaya pencegahan.

 

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019