Pontianak  (Antaranews Kalbar) - Kantor SAR Pontianak, saat ini telah menyediakan pusat panggilan (call center) 115 untuk memudahkan masyarakat melaporkan dengan cepat apabila ada yang membutuhkan pertolongan.

"Di pusat panggilan tersebut siapa saja bisa melaporkan kalau membutuhkan pertolongan kepada kami dan termasuk ke Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP), yakni ke nomor 115 atau ke nomor telepon kantor di 0561-721234 atau 0561-72328, serta di handphone 08119173777," kata Kepala Kantor SAR Pontianak, Hery Marantika di Kubu Raya, Jumat.

 Ia menjelaskan, di pusat panggilan tersebut, pihaknya siap dihubungi oleh masyarakat setiap waktu.

"Kalaupun terkendala juga bisa menghubungi nomor telepon dan handphone yang juga sudah kami siapkan tersebut," katanya.

Menurut Hery, ketersedian pusat panggilan itu memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Terutama terkait untuk mendapatkan informasi yang cepat tentang operasi penanganan dan pertolongan para korban yang sedang tertimpa bencana.

"Tidak hanya itu, pusat panggilan yang kami siapkan ini juga dapat menjadi sarana untuk masyarakat dalam menginformasikan terjadinya bencana," ujarnya.

Karena, menurut dia, semakin cepat pihaknya mendapatkan informasi terjadinya bencana, maka semakin cepat juga menurunkan penanganan dan bantuan untuk menolong para korban di lokasi bencana.

Dia menambahkan, selain pusat panggilan, Kantor SAR Pontianak secara kontinyu melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dalam hal menyelamatkan diri jika terjadi bencana.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019