Putussibau (Antaranews Kalbar) - Kepala Dinas Penataan Ruang dan Cipta Karya Kapuas Hulu, Nusantara Gawat mengatakan tahun ini pemerintah daerah membangun jalan menuju kawasan wisata Danau Sentarum di Kecamatan Batang Lupar.

"Ruas jalan Lanjak - Kedungkang itu merupakan akses jalan ke wisata Danau Sentarum," kata Nusantara Gawat, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar, Sabtu.

Dikatakan, pembangunan jalan tersebut dianggarkan melalui dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp3,57 miliar untuk peningkatan pembangunan. Tahun lalu di jalan yang sama juga dibangun dengan anggaran Rp2,5 miliar.

Ia mengatakan jalan Lanjak - Kedungkang itu memang sangat penting guna menunjang perkembangan dan kemajuan pariwisata Danau Sentarum.

"Tentu kita bersinergi dengan Dinas Pariwisata dan Pemerintah Pusat dalam memajukan pariwisata salah satunya berharap adanya proyek infrastruktur," kata Nusantara Gawat.

Selain pembangunan akses jalan Lanjak - Kedungkang, Dinas Penataan Ruang dan Cipta Karya juga akan melakukan rehab bekas Kantor Camat Batang Lupar untuk dijadikan Mess Kecamatan serta merehab mess Kecamatan Badau.

"Mess itu disediakan untuk tempat menginap, karena tidak semua pengunjung bisa tidur di penginapan atau hotel apalagi tempat penginapan terbatas," katanya menjelaskan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu, Junaidi pernah mengatakan akses terdekat langsung menuju Danau Sentarum itu memang di daerah Kedungkandang.

"Jalan Lanjak - Kedungkang sangat tepat untuk menuju Danau Sentarum, karena langsung ke bibir danau," kata Junaidi.

 Ia mengakui untuk memajukan pariwisata memang tidak terlepas dari dukungan sejumlah dinas terkait terutama yang berkaitan dengan infrastruktur jalan dan jembatan.

 "Kita berharap dengan adanya jalan menuju Danau Sentarum itu nanti pengunjung akan semakin ramai," ucap Junaidi.

Danau Sentarum adalah Taman Nasional yang merupakan kawasan wisata alam yang sudah dikenal hingga mancanegara.

Pemerintah Daerah Kapuas Hulu mengagendakan Festival Danau Sentarum setiap tahun dan sudah menjadi salah satu destinasi wisata tingkat nasional.

Taman Nasional Danau Sentarum itu bisa diakses melalui jalur Sungai Kapuas dan juga melalui jalur darat, yang mesti melewati Kecamatan Batang Lupar berbatasan dengan Negara Malaysia.

Baca juga: Festival Danau Sentarum jual wisata ke dunia

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019