TNI-Polri Kota Singkawang melaksanakan patroli bersama dengan menggunakan kendaraan roda dua dalam rangka pengecekan pendistribusian logistik pemilu dan kesiapan TPS terjauh.

"Patroli yang dilakukan ini adalah bertujuan untuk mengetahui titik-titik TPS, PPK maupun yang rawan apabila kemungkinan terjadi sesuatu bisa di pusatkan kekuatan anggota maupun pasukan," kata Dandim 1202/Skw, Letkol Arm Victor Jacob Lucas, Selasa.

Namun diharapkan pelaksanaan Pemilu 2019 dapat berjalan dengan aman dan lancar, sehingga perlu kerjasama dari semua pemangku kepentingan dan masyarakat.

Dia pun meminta kesadaran dari seluruh masyarakat Singkawang untuk bersama-sama ikut menjaga dan mengamankan jalannya Pemilu 2019. "Sehingga kegiatan dalam rangka pengamanan dapat terlaksana dengan baik," ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Kapolres Singkawang, AKBP Raymond M Masengi mengatakan, kegiatan patroli bersama antara TNI-Polri adalah untuk mengecek jalur distribusi logistik termasuklah mendatangi langsung titik-titik TPS yang terjauh dari pusat Kota Singkawang.

"Tujuannya untuk memastikan keamanan, mengetahui kerawanan yang dimungkinkan terjadi pada saat distribusi dan memastikan kesiapan petugas keamanan baik TNI maupun Polri termasuk juga PPK dan Panwas," katanya.

Dengan sudah siapnya semua, maka pelaksanaan Pemilu 2019 diharapkan bisa berjalan dengan baik. "Patroli ini juga adalah sebagai bentuk jaminan kepada masyarakat bahwa kita sudah siap untuk mengamankan," ujarnya.

Seperti diketahui, KPU Singkawang sudah mendistribusikan logistik kotak suara ke tingkat kecamatan (PPK) yang ada di Singkawang.

"Pendistribusian ke tingkat kecamatan (PPK) dilakukan selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu (tanggal 13-14 April 2019)," kata Ketua KPU Singkawang, Riko.

Di hari pertama (kemarin) pendistribusian kotak suara dikirim ke Kecamatan Singkawang Utara, Singkawang Selatan dan Singkawang Timur. Sedangkan untuk Kecamatan Singkawang Tengah dan Barat akan dilakukan pada hari kedua (Minggu, 14 April).

Dia memastikan, pendistribusian kotak suara di tingkat kecamatan dapat berjalan dengan aman dan lancar. Terlebih, pengiriman juga dikawal oleh TNI dan Polri.
"Meskipun di hari pertama pengiriman kotak suara sempat diselimuti cuaca yang kurang bersahabat, mudah-mudahan tidak ada kendala di perjalanan sampai ke lokasi," ujarnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019