Jumlah pelintas di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Indonesia - Malaysia di Kecamatan Badau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat mengalami penurunan saat Pemilu 2019 dan sampai saat ini masih terlihat sepi.
 
Petugas Imigrasi di PLBN Badau, Fiqri mengatakan H - 1 pemungutan suara 17 April 2019, keberangkatan sebanyak 61 orang warga negara Indonesia dan sebanyak 10 orang untuk warga negara asing. Sedangkan untuk kedatangan, pada H - 1 pemilu itu sebanyak 57 warga negara Indonesia dan 16 orang untuk warga negara asing.
 
"Aktivis pelintasan orang relatif sepi pada pemilu ini, namun kami tetap melakukan pelayanan," kata Fiqri.
 
Dia mengatakan berdasarkan data tercatat pada 10 - 17 April 2019, jumlah pelintas keberangkatan dari Indonesia ke Malaysia sebanyak 278 warga negara Indonesia yang menggunakan paspor dan 373 warga negara Indonesia yang menggunakan pas lintas batas.  Sedangkan untuk warga negara asing sebanyak 181 menggunakan paspor dan 26 orang warga negara asing menggunakan pas lintas batas.
 
Untuk jumlah kedatangan dari Malaysia ke Indonesia yaitu sebanyak 369 warga negara Indonesia menggunakan paspor dan 398 warga negara Indonesia yang menggunakan pas lintas batas. Sedangkan warga negara asing yang masuk ke Indonesia sebanyak 181 menggunakan paspor dan 34 yang menggunakan pas lintas batas.
 
"Kami terus melakukan pelayanan dan pengawasan di PLB sesuai standar operasi pelayanan sesuai Undang - Undang yang berlaku," jelas Fiqri.
 
Dikatakan Fiqri, saat hari pemungutan suara pada Rabu 17 April 2019 pihaknya juga tetap membuka pelayanan pelintasan orang di PLB, namun untuk petugas yang melaksanakan hak pilih ke tempat pemungutan suara dilakukan secara bergantian.
 
" Alhamdulillah sampai saat ini pelayanan untuk pelintasan orang di PLB sampai saat ini masih berjalan lancar dan aman," kata Fiqri yang juga di dampingi oleh Kepala Pos Imigrasi PLB Badau Tomi.***1***

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019