Pemerintah Kabupaten Landak melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia memberikan pembekalan menjelang purna tugas bagi 180 PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Landak.

"Kegiatan pembekalan dihadiri sebanyak 180 orang PNS yang akan pensiun terdiri dari 154 orang tenaga fungsional (Guru, Perawat, Penyuluh Pertanian dan Penyuluh KB), kemudian 26 orang merupakan tenaga struktural dengan golongan ruang I/B sampai dengan IV/a," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Landak Marsianus di Ngabang, Selasa.

Dia mengatakan, kegiatan pembekalan ini menghadirkan narasumber dari PT. Taspen, pihak Bank Kalbar cabang Ngabang, Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak, dan dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Landak.

Pada kesempatan itu, Marsianus menyampaikan bahwa tujuan diadakan kegiatan ini selain untuk memberikan wawasan kepada PNS yang akan memasuki masa pensiun juga untuk memberikan bekal mengenai cara merintis usaha sesuai dengan minat dan bakat saat sudah pensiun nanti.

"Tujuan kita melaksanakan kegiatan ini antara lain untuk memberikan wawasan kepada para PNS yang akan pensiun, sehingga PNS tersebut siap menghadapi masa pensiun dan bisa mempersiapkan kegiatan di saat purna tugas nanti," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan itu juga untuk membuka wawasan cara merintis usaha sesuai minat dan bakat peserta sehingga nantinya pada masa purna tugas para pensiunan bisa memiliki usaha.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Landak Vinsensius saat mewakili Bupati Landak menyampaikan arahan kepada PNS yang hadir agar mempersiapkan diri menjelang masa purna tugas nanti.

"Melalui pembekalan ini diharapkan membuka wawasan dan pemikiran peserta untuk memilih alternatif aktivitas dan kegiatan bahkan peluang usaha baik skala kecil maupun besar untuk mempersiapkan diri dalam mengisi kegiatan masa pensiun nanti," kata Vinsensius.

Vinsensius berharap para PNS yang akan memasuki masa pensiun nantinya bisa tetap produktif dan terus berkarya sehingga menjadi teladan di tengah masyarakat.

"Saya ingin Bapak/Ibu nantinya tetap produktif dan memiliki kemampuan finansial yang memadai, sehingga bisa menjadi teladan bagi masyarakat terutama membangun jiwa kewirausahaan dan kemandirian," katanya.

Selanjutnya Vinsensius menghimbau kepada para peserta yang hadir dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk mengembangkan pengetahuan dan mau untuk menerima saran maupun masukan sebagai bekal untuk memasuki masa pensiun nanti.

"Kepada seluruh peserta diharapkan dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk mengembangkan pengetahuan dan mau memperhatikan berbagai saran dan masukan dari narasumber mengenai bagaimana mengisi kekosongan waktu selama masa pensiun," kata Vinsensius.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019