Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Manto Saidi mengatakan terminal Kedamin, Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu akan di rehab tahun 2020.
 
"Mestinya ada beberapa terminal yang harus direhab tahun depan, namun saya batalkan tapi saya fokuskan untuk terminal Kedamin di Kapuas Hulu," kata Manto, ketika melaunching layanan Bus Damri Putussibau-Pontianak, di Terminal Kedamin Putussibau Selatan, Kapuas Hulu, Selasa.

Baca juga: Damri buka rute Putussibau - Pontianak
 
Menurutnya, kehadiran Bus Damri di Kapuas Hulu mesti di dukungan dengan kondisi terminal yang juga memadai, terutama untuk aspal di lingkungan terminal.

 
Kondisi Terminal Kedamin Putussibau Selatan wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat yang memerlukan perhatian pemerintah. (Foto Antaranews/Timotius)
 

Ia menambahkan, kondisi Terminal Kedamin itu sudah tidak layak untuk digunakan karena banyak infrastrukturnya yang rusak sehingga perlu dilakukan rehab total, termasuk pengecatan.
 
"Jadi saya minta Kepala Dishub Kapuas Hulu merincikan anggaran yang dibutuhkan untuk rehab Terminal Kedamin," pinta Manto.

Baca juga: Kapuas Hulu minta anggaran pusat benahi Terminal Putussibau
Baca juga: Warga keluhkan Terminal Kota Putussibau kumuh
 
Terkait pengelolaan Terminal Kedamin, sebut dia silahkan dikelola untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kapuas Hulu, meski pun status terminal tersebut masih kewenangan di Dishub.

 
Kondisi Terminal Kedamin Putussibau Selatan wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat yang memerlukan perhatian pemerintah. (Foto Antaranews/Timotius)

 
"Silahkan Dishub Hulu kelola Terminal Kedamin untuk PAD," katanya.
 
Dia berharap kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu untuk menjaga dan menumbuhkan rasa memiliki keberadaan Terminal Kedamin, terutama untuk kebersihan.

Baca juga: Terminal Kota Putussibau terlihat kumuh dan tak terurus
Baca juga: Terminal Kedamin Putussibau Belum Optimal
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019