Keberadaan Ikatan Mahasiswa Kecamatan Teluk Keramat (IMTEK) mendorong kepada setiap desa di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat untuk dapat berpartisipasi dan berupaya meningkatkan minat baca masyarakat dan salah satunya dengan membangun rumah baca atau taman baca.

"Rumah baca sangatlah penting untuk didirikan dalam upaya meningkatkan IPM (indeks pembangunan manusia) Kabupaten Sambas yakni memberikan pengetahuan kepada masyarakat. Salah satu indikator indeks pembangunan manusia adalah pendidikan," ujar Ketua Pengurus Besar IMTEK, Wahyu saat dihubungi di Sambas, Selasa.

Ia menambahkan rumah baca bisa mendongkrak literasi ilmu pengetahuan kepada anak-anak, remaja dan orang tua untuk kemajuan desa itu sendiri.

Menurut Wahyu, dengan adanya dana desa pemerintah desa bisa bekerja sama dengan dinas perpustakaan dan kearsipan daerah kabupaten untuk dapat membangun rumah baca di setiap desa.

"Adanya dana desa yang jumlahnya lumayan besar maka tidak menutup kemungkinan desa dapat melakukan perencanaan pembangunan dengan membangun rumah baca," papar dia.

Selain itu juga hadirnya rumah baca sebagai salah satu sentral informasi dan keterbukaan kepada masyarakat tentang kegiatan kegiatan yang telah dilaksanakan di desa.

"Dengan hadirnya rumah baca ini maka keterbukaan informasi kepada masyarakat juga akan lebih mudah didapatkan," lanjutnya.

Selain melalui rumah baca kehadiran internet yang sudah merambah di setiap pelosok desa membuat masyarakat untuk menggali informasi dan gudang ilmu yang ada di dalamnya. Salah satu bentuk upaya yang dilakukan oleh Pemkab Sambas adalah dengan meluncurkan aplikasi iSambas yang mana aplikasi ini adalah perpustakaan yang berbentuk online.

"Kami sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Sambas dalam memberikan informasi dan ilmu kepada masyarakat tetapi aplikasi ini kurang diketahui oleh masyarakat sebab masih kurangnya sosialisasi yang dilakukan," katanya.

Dengan adanya rumah baca harapnya dapat memberikan kegiatan positif terhadap lingkungan di desa dan salah satu upaya untuk meningkatkan IPM Kabupaten Sambas.

"Saya berharap pemerintah desa dapat membangun rumah baca di setiap desa yakni dengan melibatkan semua elemen masyarakat baik itu pemuda, mahasiswa, karang taruna dan juga pihak sekolah yang ada di desa tersebut," saran nya.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019