Pemerintah kabupaten (Pemkab) Landak mendapatkan bantuan 800 titik lampu penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.

"Bantuan itu tersebar di 7 kecamatan dan 25 desa di Kabupaten Landak. Untuk memaksimalkannya kita dari Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa bersama dengan CV. Bangun Persada Nusantara selaku pelaksana dan penyalur bantuan terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada camat dan kepala desa terkait," kata Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa setempat Mardimo, di Ngabang, Rabu.

Dia menjelaskan, sosialisasi itu dilakukan untuk memberikan penjelasan bagi desa dan pihak kecamatan mengenai persiapan dan hal teknis yang harus dilakukan untuk pemasangan PJU-TS di wilayahnya masing-masing.

"Kabupaten Landak sangat berterimakasih karena memperoleh bantuan tersebut," tambahnya.

Mardimo mengatakan dimana setiap desa masing-masing akan memperoleh sebanyak 32 titik.

Menurut Mardimo pemilihan lokasi titik pemasangan PJU-TS tersebut sudah ditentukan berdasarkan pertimbangan dan indikator yang ada.

"Keduapuluh lima desa ini dipilih bukan tanpa pertimbangan, kita betul-betul melihat mana yang paling prioritas. Jadi kita pilih lokasi yang sangat memerlukan penerangan jalan umum," kata Mardimo.

Sementara itu, Alimin selaku perwakilan dari CV. Bangun Persada Nusantara mengatakan bahwa pemasangan PJU-TS ini rencananya akan dilakukan pada akhir September 2019.

"Hari ini intinya para kepala desa sudah sepakat dan siap menerima pemasangan, maka dalam waktu dekat akan segera kita lakukan pemasangan, jika tidak ada kendala lagi minggu depan segera kita pasang," jelasnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019