Lembaga adat Panglima Laut Kabupaten Aceh Barat mengimbau seluruh nelayan di daerah itu untuk menggunakan alat navigasi seperti Global Positioning System (GPS) saat melaut sehingga tidak tersesat karena terdampak kabut asap yang kini melanda sebagian besar wilayah Aceh.

"Kepada para nelayan, agar menggunakan GPS sebelum melaut. Alat ini berfungsi menentukan posisi kapal/pengguna GPS saat berada di laut lepas," kata Ketua Lembaga Adat Panglima Laut Kabupaten Aceh Barat, Amiruddin kepada Antara di Meulaboh, Selasa.

Baca juga: Kabut asap tebal, ganggu aktivitas nelayan di Kayong Utara

Akibat pekatnya kabut asap yang diduga berasal dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau dan Kalimantan, jarak pandang terbatas dan mengganggu pernapasan.

Kabut asap juga menyebabkan jarak pandang nelayan saat berada di laut ikut terganggu sehingga apabila tidak segera dilakukan antisipasi, dikhawatirkan akan berdampak buruk terhadap nelayan.

Baca juga: Nelayan Kayong Kesulitan Melaut Karena Kabut Asap

"Yang saya khawatirkan, apabila tidak ada alat navigasi seperti GPS, bisa-bisa nelayan tersesat ke wilayah teritorial negara asing karena tidak tahu jalan pulang karena terganggu kabut asap," kata Amiruddin.

Ia juga mengakui saat ini sebagian besar nelayan di Aceh tidak memiliki peralatan navigasi canggih saat melaut.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau nelayan untuk menyiapkan bekal yang banyak saat melaut dan peralatan pencegahan kabut asap seperti masker sehingga saat mencari ikan di laut tidak mengalami kendala apa pun.

Baca juga: Lantamal XII Pontianak Bagikan Masker Pada Nelayan
Baca juga: Nelayan Kayong Utara Kesulitan Melaut Karena Kabut Asap

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019