PLN Unit Induk Wilayah Kalbar ikut mendukung pembangunan desa di wilayah kerjanya dan satu di antara dengan memberi bantuan yang menyasar unit usaha kecil dan lembaga pendidikan.

"Kita baru saja menyerahkan bantuan penguatan unit usaha desa dan pembuatan taman bermain senilai Rp86.500.000 kepada 7 Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan satu lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kabupaten Landak," ujar Manager PLN UP3 Pontianak, Ari Prasetyo Nugroho di Pontianak, Kamis.

Ari menjelaskan bahwa bantuan yang berasal dari program PLN Peduli pada sektor pemberdayaan masyarakat dan telah diserahkan secara simbolis kepada Bupati Landak, Karolin Margret Natasa.

Baca juga: Pertamina gandeng Bumdes buat pangkalan LPG subsidi

"Bantuan yang diberikan merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan, khususnya pada usaha kecil dan dunia pendidikan," kata dia.

Pihaknya berharap bantuan berupa modal usaha yang diberikan PLN tersebut menjadi rangsangan bagi badan usaha milik desa untuk dapat tumbuh dan berkembang.

"Saya berharap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi kemajuan desa khususnya pada sektor ekonomi dan mendukung proses belajar mengajar anak usia dini," katanya.

Ia menyebutkan bantuan berupa modal usaha yang diberikan semoga menjadi rangsangan bagi Bumdes untuk meningkatkan pendapatan desa karena modal usaha ini akan memudahkan akses pembayaran tagihan PDAM, BPJS dan rekening listrik bagi masyarakat di Kabupaten Landak.

Baca juga: Pemkab Landak dukung Bukit Angkih jadi Ikon Wisata Desa
Baca juga: Baru 33 desa di Kubu Raya terjangkau internet

Sementara itu, Bupati Landak, Karolin menyambut baik bantuan yang diberikan PLN melalui dana CSR dan hal itu tentunya sangat membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat sekaligus mendorong pertumbuhan dan pembangunan di kabupatennya.

"Saya mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada PLN yang sudah berpartisipasi dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Landak melalui bantuan yang diberikan," papar dia.

Ia berharap Bumdes yang mendapatkan bantuan dana CSR ini dapat memanfaatkannya secara maksimal dalam berinovasi guna meningkatkan usahanya.

"Kemudian Bumdes yang dipercaya melayani pembayaran rekening listrik dapat menjalin kerjasama yang baik dengan PLN dan keuntungannya dapat dimanfaatkan untuk mendukung pembangunan desa," tutur Karolin.

Tak hanya di Kabupaten Landak, bantuan serupa juga diberikan PLN kepada 8 Bumdes dan KUD di Kabupaten Sanggau dan Mempawah.

Baca juga: Karolin targetkan seluruh desa miliki Bumdes
Baca juga: Gubernur Kalbar dorong Desa Sutera kembangkan Bumdes bidang elpiji
Baca juga: Bupati Kapuas Hulu minta seluruh desa bentuk BUMDes

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019