Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menyelenggarakan pembekalan kepada 149 pegawai negeri sipil di lingkungan pemkab setempat menjelang mereka pensiun.

"Masa pensiun sering disamakan dengan masa di mana seseorang merasa sudah tidak dibutuhkan lagi karena ketidakmampuan beraktivitas. Pemahaman inilah yang kerap membuat orang jadi 'over' sensitif dan kurang kepercayaan diri," kata Sekda Kubu Raya Yusran Anizam saat memberikan sambutan pada pembekalan purna tugas PNS di Sungai Raya, Senin.

Akibatnya, kata dia, banyak orang yang tidak siap menghadapi masa pensiun. Purnatugas sering dianggap masa yang mencemaskan karena hilangnya kegiatan rutin dan berkurangnya penghasilan PNS.

Baca juga: Sebanyak 148 ASN Singkawang akan pensiun tahun ini

"Hal itulah yang ditakuti kebanyakan orang yang memasuki masa pensiun. Atau biasa disebut 'post power syndrome'. Padahal rezeki itu tidak tergantung dengan kantor," tuturnya.

Yusran menuturkan masa pensiun tidak seburuk yang sering dibayangkan.

Ia menyebut ada banyak orang yang berhasil menjalani pensiun dengan bahagia karena telah menyiapkan diri secara baik.

"Menetapkan tujuan yang jelas, mengetahui besaran kebutuhan hidup di masa pensiun, dan memiliki keterampilan dalam pengelolaan keuangan, serta mencoba mencari peluang untuk mendirikan usaha," katanya.

Untuk menciptakan peluang usaha pada masa pensiun, Yusran menyatakan perlunya kemauan dan kejelian terhadap lingkungan sekitar.

Untuk mendapatkan peluang usaha, dia menyarankan slogan ATM, yaitu Amati, Terapkan, dan Modifikasi.

Baca juga: BKD : 125 PNS Singkawang Pensiun Tahun Ini

"Untuk memotivasi para PNS yang akan purnatugas, dalam pembekalan ini dihadirkan pula narasumber dari pensiunan yang telah berhasil mengembangkan usaha. Semoga dengan itu PNS yang akan pensiun tetap optimistis dalam menghadapi masa pensiun dan tidak terjebak dengan 'post power syndrome'," katanya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Yusran berterima kasih kepada para PNS atas pengabdian membangun daerah tersebut selama ini.

"Semoga pengabdian bapak dan ibu PNS selama ini dapat menjadi fondasi dalam mewujudkan Kabupaten Kubu Raya yang lebih baik lagi ke depannya," kata dia.

Kepala Bidang Disiplin BKPSDM Kabupaten Kubu Raya Yusrianda mengatakan pembekalan itu untuk menyiapkan PNS yang akan purnatugas dengan wawasan dan motivasi diri sehingga mereka terhindar dari stres dan cemas.

"Kita ingin meminimalkan adanya potensi 'post power syndrome' dan membantu para PNS yang akan pensiun mengelola dana pensiun dengan tepat," katanya.

Ia menerangkan pembekalan diikuti 149 PNS pada dinas, badan, kantor, kecamatan, tenaga kesehatan, dan tenaga fungsional guru.

Baca juga: Pemkab Sambas Imbau Pensiunan Kembalikan Mobil Dinas

Seorang di antara para PNS yang akan purnatugas, Iskandar, mengapresiasi pembekalan itu karena mereka mendapatkan sejumlah materi yang dibutuhkan untuk memasuki pensiun, seperti persiapan psikologis, tata cara pengurusan pensiun dan jaminan hari tua, serta kiat membuka peluang usaha pada masa pensiun.

"Masa purnatugas adalah masa yang alamiah akan menghampiri setiap orang. Jadi suka tidak suka atau siap tidak siap ya harus siap untuk menghadapinya. Tinggal bagaimana kita menyikapi dan menyiapkan diri sehingga di masa pensiun pun tetap bahagia," kata dia.

Baca juga: Kepala Dinas Pupr Kalbar Pensiun
Baca juga: 181 ASN Kapuas Hulu Pensiun Tahun 2018
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019