Sebagai bagian dari rangkaian bulan inklusi keuangan, Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Kalimantan Barat akan menyelenggarakan Pekan Indonesia Investasi Festival (Investival) di Pontianak, 16 - 18 Oktober 2019.

"Investival ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang sudah diselenggarakan sejak 2015. Nah, tahun ini kembali hadir," ujar Kepala BEI Pontianak, Taufan Febiola di Pontianak, Kamis.

Taufan menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan untuk lebih mengenalkan industri jasa keuangan terutama pasar modal kepada masyarakat umum di Kalbar.

"Kegiatan Investival berlangsung dari dari pukul 08.00 s/d 17.00 WIB bertempat di Main Hall Universitas Muhammadiyah Pontianak," papar dia.

Investival 2019 mengangkat topik utama tentang pasar pasar modal syariah. Tema kegiatan Investival Syariah 2019 ini adalah Cerdas Investasi Syariahku, Cerah Masa Depanku.

"Pada kegiatan investival syariah 2019 BEI menggandeng berbagai institusi dalam pelaksanaan kegiatan tersebut antara lain Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalimantan Barat, Universitas Muhammadiyah Pontianak (UMP), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pontianak, perusahaan sekuritas yang ada di Kalbar dan lain sebagainya," jelas dia.

Kegiatan tersebut akan dibuka oleh Kepala OJK Provinsi Kalbar pada  16 Oktober 2019. Kegiatan Investival Syariah 2019 ini terbuka untuk masyarakat umum dan ditargetkan dapat dikunjungi oleh sebanyak 1.200 pengunjung.

"Para pengunjung bisa mendapatkan informasi tentang produk jasa keuangan yang ada di pasar modal dan juga dapat langsung menjadi investor di pasar modal," jelas dia.

Ia berharap jumlah investor baru yang ada di Provinsi Kalbar dapat bertambah minimal 600 investor baru dengan adanya kegiatan ini.

"Diharapkan dengan kegiatan Investival Syariah 2019 ini masyarakat Provinsi Kalbar dapat mengenal lebih dalam tentang pasar modal Indonesia sekaligus bisa memanfaatkan pasar modal sebagai salah satu sarana investasi. Sehingga diharapkan masyarakat yang ada bisa benar – benar mendapatkan manfaat dari pasar modal Indonesia dengan berinvestasi di produk–produk pasar modal," kata dia.

Investival kali ini banyak sekali kegiatan yang akan diselenggarakan oleh panitia. Kegiatan tersebut antara lain sekolah pasar modal, seminar zakat saham, seminar peluang karir dan kewirausahaan, workshop wartawan, workshop pasar modal, sosialisasi dari OJK, sosialisasi dari lembaga sertifikasi profesi, sosialisasi dari lembaga penunjang pasar modal, berbagai macam games dan lomba – lomba yang menarik dan berhadiah jutaan rupiah.

Para pengunjung juga berkesempatan untuk mendapatkan kupon undian handphone gratis yang akan diundi pada akhir acara. Setiap pengunjung Investival 2019 juga berkesempatan untuk bisa membuka rekening tabungan saham secara gratis selama kegiatan tersebut berlangsung. Para pengunjung kegiatan juga berkesempatan untuk berkonsultasi masalah karir karena akan ada booth dari berbagai perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019