Ketua Pemuda Katolik Kapuas Hulu, Antonius Thambun mengatakan peringatan sumpah pemuda bisa dijadikan cambuk bagi generasi muda, sebab masa depan bangsa Indonesia ada di tangan kaum muda.

" Kita harus menyadari bahwa masa depan Bangsa Indonesia itu ada ditangan generasi muda," kata Antonius Thambun, ditemui di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Senin.

Pria yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD Kapuas Hulu, itu mengatakan perkembangan teknologi saat ini sangat berpengaruh terhadap pergaulan generasi muda, meskipun demikian sebagai generasi penerus, kaum muda harus dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca juga: Peserta upacara Sumpah Pemuda di Kubu Raya berpakaian adat nusantara

Menurut dia, banyaknya suku dan agama di Indonesia merupakan modal kekuatan dalam membangun rasa persatuan, hal itu menjadi tidak dimiliki bangsa lainnya.

" Kaum muda sangat berperan dalam menjaga dan mengisi pembangunan bangsa dan negara, kita jangan mau di adu domba oleh sekelompok orang yang merasa iri dengan keberagaman bangsa Indonesia yang tetap menjaga persatuan," kata Antonius yang biasa disapa Unen.

Selain itu, Unen juga berpesan di era digital ini, kaum muda juga mesti bisa membaca peluang untuk berinovasi, kreatif dalam memajukan pertumbuhan ekonomi di lingkungan masyarakat.

Baca juga: Petani milenial bisa diwujudkan dengan spirit Sumpah Pemuda

" Sebagai anak muda kita jangan gengsi dan selalu membaca peluang melalui teknologi informasi, banyak yang bisa kita buat untuk ikut serta membantu bangsa," kata Antonius.

Dirinya berharap pemuda di zaman perkembangan teknologi tidak melupakan jati diri para pemuda yang telah berjuang untuk persatuan Indonesia.

" Apa pun yang terjadi sebagai kaum milenia kita harus ingat bahwa tumpah darah satu, berbangsa satu dan berbahasa satu yaitu Indonesia," kata Antonius.

Baca juga: Baca Sumpah Pemuda, hukuman pelanggar lalu lintas di Pontianak
Baca juga: Hujan Tak Halangi Upacara HUT Sumpah Pemuda Sanggau
Baca juga: Momen Sumpah Pemuda sebagai refleksi diri

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019