Tugas kepolisian adalah menjaga keamanan, ketertiban, melayani dan mengayomi masyarakat. Namun dalam hal menciptakan kondisi Kamtibmas, masyarakat juga diharapkan turut serta. Karena untuk menciptakan kondisi yang tertib, aman dan nyaman sebenarnya adalah tanggung jawab bersama.

"Keamanan itu tugas kita bersama, tidak hanya kami dari kepolisian. Terutama dalam menangkal setiap tindak sebaiknya setiap masyarakat bisa menjadi polisi bagi diri sendiri," kata Kasi Bin Penakta Subdit Bintibsos Ditbinmas Polda Kalbar Kompol Gatot di Sintang, Sabtu.

Soslisasi itu dipaparkan Kompol, Gatot Purwanto kepada masyarakat setempat saat ia menjadi pemateri dalam tim ekspedisi  pelayanan KB bergerak DAS IV  tahun 2019 menelusuri Sungai Kapuas dari Pontianak ke Putussibau.

Seperti kepada masyarakat di tititk-titik persinggahan pelayan DAS, di hari ke 6 di Desa Ampar Bedang Kecamatan Binjai Hulu Kabupaten Sintang, Gatot bersama anggota Kodam XII/Tpr, Lantamal XII/Tpr dan Kanwil Kemhan Kalbar juga melakukan sosialisasi tentang wawasan kebangsaan, cinta tanah air, Kantibmas dan bahaya narkoba .

"Untuk Kamtibmas, masyarakat perlu ikut andil dalam menjaganya, paling tidak di lingkungan masing-masing. Dalam hal menjaga Kamtibmas yang perlu di waspadai yaitu terjadinya tindak pidana seperti pencurian, penggunaan narkoba dan timbulnya faham-faham radikalisme. Kami minta kalau masyarakat melihat kearah adanya tindak pidana dan munculnya faham-faham radikal tolong segera laporkan ke kantor polisi terdekat," katanya.

Ia menambahkan, hadirnya tim ekspedisi palayanan KB DAS sepanjang Sungai Kapuas ini juga merupakan sinergitas berbagai pihak dalam usaha pemeringah untuk mengayomi seluruh masyarakat termasuk masyarakat di pesisir Sungai Kapuas ini.

Dengab kegiatan ini, di sinilah memperlihatkan bahwa pemerintah selalu hadir ditengah-tengah masyarakat. Dan kami bersyukur diikutkan BKKBN Kalbar dalam pelayana KB bergerak ini.

"Dan kesempatan ini, saya selalu mengajak masyarakat untuk mau ikut menjaga Kamtibmas di daerahnya masing-masing. Karena dengan rasa aman maka berbagai kegiatan pembangunan, ekonomi, pendidikan dan lainya bisa berjalan dengan baik," pungkasnya.

 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019