Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menyatakan pihaknya akan kembali menghidupkan kegiatan majelis taklim yang ada di kabupaten itu untuk mewujudkan visi Kubu Raya menjadi kabupaten yang religius.

"Selama saya menjabat sebagai bupati pada periode pertama dulu, saya komitmen untuk membina majelis taklim yang ada di Kubu Raya. Dan pada periode ini, hal ini akan kembali kita hidupkan agar majelis taklim yang ada bisa semakin tumbuh dan ini sejalan dengan visi Kubu Raya untuk menjadi kabupaten yang religius," terang Muda di Sungai Raya, Kamis.

Baca juga: Bupati Muda minta PKK maksimalkan program kemandirian rumah tangga

Muda menambahkan, semangat yang ditunjukan warga Kubu Raya merupakan semangat yang luar biasa, tentu bagi Pemerintah Kubu Raya yang mengusung visi relegius hal ini menjadi semangat untuk mewujudkannya.

"Memang di Kubu Raya ini Majelis Taklim, Taman Pendidikan Al-Qur'an, Masjid dan Mushalla merupakan terbanyak Di Kalimantan Barat ini. Makanya program-program yang bermuara pada Visi relegius ini kita utamakan," jelasnya.

Melalui visi tersebut, lanjut Muda Pemkab Kubu Raya akan mengawal generasi Kubu Raya dengan menanamkan Iman dan taqwa di dalam hati mereka agar anak-anak Kubu Raya menjadi pemimpin yang shaleh dan shaleha kedepannya.

Baca juga: Bupati Kubu Raya minta Desa Sungai Rengas manfaatkan peluang pembangunan

Dia menambahkan, dalam program kerja lima tahun kedepan Muda-Jiwo mengusung visi "Terwujudnya Kabupaten Kubu Raya yang Bahagia, Bermartabat, Terdepan, Berkualitas dan Religius".

Dimana Bahagia dimaknai sebagai bentuk kepuasan, sikap optimis dan harapan masa depan masyarakat akan, peningkatan derajat kesehatan dan pendidikan, ketersediaan pekerjaan yang memadai, pendapatan rumah tangga yang memadai, keharmonisan keluarga dan hubungan sosial, ketersediaan waktu luang, rumah dan asset yang layak, lingkungan hidup yang berkualitas serta keamanan yang kondusif.

Sedangkan bermartabat, dimaknai sebagai harga diri masyarakat Kubu Raya yang ditandai dengan peningkatan kesejahteraan, peningkatan pertumbuhan ekonomi, peningkatan kehidupan sosial kebudayaan dengan berlandskan pada kearifan lokal, kemandirian sumber daya manusi, serta jaminan keadilan akan hak dan kewajiban, politik dan pembangunan.

Baca juga: Bupati Muda ajak perusahaan buat sumur bor antisipasi Karhutla

"Terdepan kita maksudkan bahwa Kabupaten Kubu Raya menjadi yang terdepan di Kalimantan Barat dalam hal tata kelola pemerintahan yang bersih dan berwibawa serta peningkatan inovasi, kreativitas dan kualitas masyarakat serta kualitas pelayanan kepada masyarakat," tambahnya.

Sementara berkualitas, pemkab Kubu Raya ingin membawa kabupaten itu untuk terus meningkatkan prestasi baik pemerintah, swasta maupun masyarakat dengan wujud lahirnya SDM yang unggul dan kompetitif.

Dia menerangkan unsur religius dalam visi dan misi yang diusung selama lima tahun yang akan datang adalah bahwa dirinya ingin membawa Kubu Raya akan senantiasa mengembangkan karakter sumber daya manusia dengan senantiasa menerapkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari dimasyarakat.

Sebagai bupati, dirinya menegaskan visi dan misi tersebut beranjak dari adanya indikasi ketidakpastian situasi ekonomi global dan siklus politik. Ketidak seimbangan ketersediaan tenaga kerja dengan kesempatan kerja, rendahnya kualitas SDM dan daya saing angkatan kerja, dan hal-hal lain yang berpengaruh secara signifikan terhadap taraf hidup masyarakat.

"Yang paing utama dan mendesak saat ini adalah bagaimana kita melakukan solusi dan resolusi terhadap percepatan-percepatan pembangunan disegala sektor. Sehingga ekonomi masyarakat, ekonomi keluarga dapat terus mengalami kemajuan dan peningkatan," terang Muda.

Baca juga: Bupati Muda bangga Masjid Misbahuddin Kalimas dari hasil panen
Baca juga: Bupati Muda ajak Polres Kubu Raya berlari kencang
Baca juga: Bupati pastikan pilkades serentak Kubu Raya berjalan lancar
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019