Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat Muda Mahendrawan mengharapkan masyarakat Desa Sungai Rengas, Kecamatan Sungai Kakap memanfaatkan peluang pembangunan dan bersiap menghadapi perubahan yang terjadi, karena akan banyak program pembangunan yang diarahkan di desa tersebut mulai tahun depan.

"Saat ini Desa Sungai Rengas sudah memasuki usia ke 114 tahun dan boleh dikatakan desa ini sebagai salah satu desa tertua di Kubu Raya. Dengan usia yang cukup matang tersebut, saya minta masyarakat Sungai Rengas untuk bersiap menghadapi perubahan yang akan terjadi karena banyak program pembangunan yang akan dilakukan di desa ini dan desa sekitarnya," kata Muda di Sungai Raya, Selasa.

Menurutnya, Desa Sungai Rengas merupakan daerah yang perkembangannya sangat cepat karena berbatasan langsung dengan Kota Pontianak sebagai ibu kota provinsi Kalbar.

"Kecamatan Sungai Kakap termasuk Desa Sungai Rengas yang ada di dalamnya menjadi pengembangan daerah yang sangat diandalkan oleh pemerintah provinsi Kalbar. Gubernur Kalbar juga sering menyampaikan bahwa kecamatan Sungai Kakap menjadi kecamatan andalan bagi Kalbar, karena selain sumber pangan yang melimpah, banyak juga potensi lainnya yang bisa dikembangkan," tuturnya.

Muda menjelaskan, dalam waktu dekat, Desa Sungai Rengas juga akan dibangun jembatan Kapuas 3 dimana dengan pembangunan tersebut akan berdampak pada masyarakat sekitar.

Jika masyarakat tidak siap menghadapi perubahan dan tidak bisa menangkap peluang pembangunan tersebut, maka masyarakat Sungai Rengas sendiri yang akan merugi.

"Selain itu, kita juga akan memaksimalkan program kesehatan dan pendidikan di Desa Sungai Rengas ini, dimana untuk sarana kesehatan yang ada akan kita tingkatkan untuk mendukung pembangunan tersebut," tuturnya.

Muda menyatakan, pihaknya juga akan mengusulkan untuk pembangunan SMA di Desa Sungai Rengas, dimana terkait hal itu dia mengharapkan masyarakat, khususnya pemerintah desa bisa membantu mempersiapkan lahan untuk pembangunannya.

"Untuk itu saya mengajak pemerintah desa Sungai Rengas dan masyarakat untuk berjibaku memperkuat rumah tangga dengan bersama-sama memanfaatkan peluang pembangunan ini dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Sungai Rengas Heri Kurniawan mengatakan pihaknya siap untuk mengawal program pembangunan yang ada di desa itu.

Dia menyatakan, dengan usia Desa Sungai Rengas yang sudah 114 tahun, pihaknya akan memaksimalkan kinerja dalam mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Desa Sungai Rengas ini juga dicanangkan menjadi Desa IT pada tahun 2020 untuk menghadapi tantangan global. Saya yakin dengan kekompakan masyarakat, kita bisa melakukan perubahan besar dan mempercepat pembangunan di desa ini," tuturnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019