Manager Marketing Citra Garden Aneka, Edho Virdian menyebutkan bahwa dengan adanya perhatian pemerintah pusat terhadap Kalimantan seperti rencana pemindahan ibu kota negara berdampak pada penjualan rumah mewah di Kalbar seperti dialami pihaknya.

"Adanya perhatian pemerintah dalam membangun Kalimantan dengan memindahkan ibu kota negara, saat ini kami sudah merasakan dampaknya. Awal tahun 2020 ini saja sudah beberapa unit rumah sudah terjual," ujarnya di Pontianak, Rabu.

Ia melihat dengan perhatian pemerintah yang ada, properti terutama rumah mewah bisa menjadi peluang yang besar dalam berinvestasi maupun memang untuk hunian.

Baca juga: Apersi Kalbar : Penjualan Rumah Mewah Masih Berat

"Kalimantan ke depan akan menjadi maju jika pemindahan ibu kota negara pindah. Nah, ekonomi, kebutuhan properti dan lainnya akan semakin baik. Orang butuh dan ingin tinggal di Kalimantan termasuk di Kalbar. Sehingga prospek properti mulai saat ini dan ke depan semakin cerah dan terbuka lebar," papar dia.

Apalagi menurutnya komoditas andalan Kalbar berupa sawit dan lainnya harganya mulai membaik. Dengan membaik maka pendapatan semakin meningkat. Sehingga dengan begitu berinvestasi termasuk di properti dan untuk memiliki hunian mewah semakin terdongkrak.

"Kita optimis pada 2020 penjualan perumahan kita yang terletak di Kubu Raya ini semakin baik dari tahun sebelumnya. Kita melihat tahun ini ekonomi akan lebih baik termasuk bisnis properti," kata dia.

Sementara itu, Pimpinan Proyek Pembangunan Citra Garden Aneka, Aggi Budiman mengatakan bahwa pada 2019 realisasi penjualan rumah dari target sebesar 50 persen atau 23 unit yang terjual.

Baca juga: Pontianak potensial pengembangan rumah mewah

"Tahun lalu semua pengembang seluruh Indonesia dalam hal penjualan memang mengalami lesu dan penurunan. Namun meski lesu sebenarnya kita masih baik. Untuk tahun ini kami optimis tentu lebih baik mengingat sudah banyak faktor menjadi daya ungkit penjualan," kata dia.

Pada tahun 2020 ini pihaknya menargetkan penjualan rumah sebanyak 60 unit. Untuk harga sendiri menurutnya di kisaran Rp1,1 miliar - Rp6 miliar per unit.

"Rumah yang kita jual memang bukan untuk kebutuhan namun sudah pada tataran memenuhi keinginan masyarakat. Kita sediakan rumah dengan kawasannya yang mewah dan nyaman serta memiliki fasilitas lengkap," kata dia.

Pada tahun ini juga dia pihaknya juga akan mengeluarkan produk baru serta promosi dengan gencar. Sehingga keinginan masyarakat semakin terpenuhi oleh Citra Garden Aneka.

"Konsumen kita rata - rata dari Kalbar. Namun dari luar juga sudah ada seperti dari Jakarta dan lainnya. Kita akan sediakan produk baru tahun ini untuk memenuhi keinginan konsumen," kata dia.

Saat ini juga di perumahan Citra Garden Aneka yang merupakan bagian dari grup Ciputra tersebut menghadirkan pameran hasil karya seni dari seniman ternama di Indonesia seperti Muljadi Surhadi yang biasanya disapa Kokon. Kokon memamerkan sejumlah anek patung dari keramik.

"Citra Garden Aneka sangat memperhatikan lingkungan baik landscap maupun sentuhan lainnya seperti seni. Nah, hadirnya galeri yang dibuka setiap hari untuk umum mulai pukul 10.00 WIB - 17.00 WIB memberikan wadah dan ruang serta memenuhi keinginan masyarakat akan karya berkualitas. Di sini karya dijual dan sebagian keuntungan untuk kegiatan sosial," papar Kokon.

Baca juga: Pasar rumah tipe komersil masih bergairah di Kalbar
Baca juga: Sofyano: Ahok Larang Saja Jual Premium Jalan Protokol-Rumah Mewah

 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020