Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kalimantan Barat Jaya Kesuma mengatakan akan menurunkan jaksa - jaksa terbaik yang akan masuk dalam sentra Penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) pada Pilkada serentak 2020.
 
"Saya akan tempatkan jaksa-jaksa terbaik dan senior pada Gakkumdu, agar pelaksanaan Pilkada di wilayah Kalbar dapat berjalan dengan baik," kata Jaya Kesuma, ditemui saat kunjungan kerja di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis.
 
Disampaikan Kesuma, ditempatkannya jaksa senior dan terbaik itu agar dapat menguasai persoalan dalam penyelesaian pelanggaran - pelanggaran Pilkada.


Baca juga: Wabup Sekadau berharap media netral saat pilkada
Baca juga: TNI AU Lanud Supadio siap kawal Pilkada serentak 2020

 
Menurut dia, yang terpenting juga yaitu koordinasi dengan sejumlah pihak terkait seperti kepolisian, Bawaslu, dan pihak KPU.
 
"Gakkumdu itu kerja tim, sehingga perlu orang - orang yang profesional yang dapat membangun koordinasi dengan baik," kata Kesuma.
 
Ia berpesan kepada seluruh elemen masyarakat para tokoh adat, agama, dan tokoh masyarakat untuk bersama-sama menciptakan situasi kondusif di tengah - tengah masyarakat sehingga terwujud Pilkada yang aman dan damai.
 
Jika semua sudah komitmen menjaga Kamtibmas dengan baik maka, kita bisa dengan baik menentukan pemimpin berkualitas, tentu itu harapan kita bersama.


Baca juga: Baiduri harapkan dukungan Partai Demokrat pada Pilkada 2020
Baca juga: Bawaslu ingatkan kades dan lurah jangan berpolitik praktis
 
 
"Saya memang sengaja melakukan kunjungan kerja ke daerah untuk melihat kondisi termasuk melihat kinerja jajaran Kejari di daerah," kata Kesuma.
 
Dalam kunjungan kerjanya, Kajati Kalbar berserta rombongan melakukan juga ramah tamah dengan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dan tokoh masyarakat di Rumah Dinas Bupati Kapuas Hulu, Rabu malam (22/1).


Baca juga: Bawaslu Bengkayang ingatkan pergantian pejabat sesuai aturan
Baca juga: Hanura belum bersikap untuk Pilkada 2020 Kapuas Hulu

   
 
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020