Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, menetapkan sebanyak 309 peserta lolos seleksi administrasi calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada 2020 di daerah tersebut.

"Dari sebanyak 312 peserta yang mendaftarkan diri sebagai calon PPK, yang lulus administrasi sebanyak 309 orang. Calon anggota PPK tersebar di 16 kecamatan yang ada di Bengkayang," ujar Ketua KPU Kabupaten Bengkayang Musa Jairani saat dihubungi di Bengkayang, Rabu.

Musa menjelaskan bahwa calon anggota PPK yang lulus hasil penelitian administrasi akan mengikuti tes tertulis yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2020 pukul 14.00 WIB-selesai di Aula Lantai 5 Kantor Bupati Bengkayang.

Baca juga: Dua figur konsultasi calon perseorangan ke KPU Bengkayang

"Pada proses penelitian administrasi ada 3 peserta yang tidak memenuhi syarat secara administrasi, seperti sudah dua periode berturut-turut menjadi anggota PPK, anggota parpol, dan domisili KTP di luar Kabupaten Bengkayang," ujar Musa.

Selanjutnya, Musa mengharapkan tanggapan masyarakat terhadap 309 calon anggota PPK yang lulus seleksi administrasi. Tanggapan masyarakat dapat disampaikan kepada KPU Bengkayang dengan menyertakan identitas diri.

"Untuk satu kecamatan yang diperpanjang pendaftarannya adalah Kecamatan Sungai Raya Kepulauan dan akan di umumkan pada tanggal 30 Januari 2020 dan proses seleksi tertulisnya akan dilaksanakan pada tanggal 2 Februari 2020," kata dia.

Musa mengajak semua pihak untuk bersama ikut menyukseskan perhelatan pesta demokrasi lima tahunan di Kabupaten Bengkayang.

Baca juga: KPU Bengkayang bulan depan buka pendaftaran calon independen


"Suksesnya Pilkada 2020 ini untuk memilih pemimpin Bengkayang adalah di tangan kita semua. Semua pihak memiliki peran masing-masing dalam menyukseskannya. Kami tentu butuh dukungan dan partisipasi semua pihak," kata dia.

Saat ini, terkait Pilkada 2020 di Kabupaten Bengkayang, sejumlah tokoh dari berbagai kalangan bermunculan. Bahkan sudah beberapa yang mendaftarkan diri ke partai politik yang melakukan penjaringan.

Tokoh baik dari akademisi, pengusaha, pemuda, politikus maupun ormas siap berlaga di pesta lima tahunan tersebut.

Tahap pemungutan suara Pilkada akan digelar pada 23 September 2020. Di Kalbar ada tujuh kabupaten yang menyelenggarakan pilkada serentak tersebut.

Baca juga: Bengkayang serahkan berkas calon dewan terpilih
Baca juga: Pelamar Panitia Pemilihan Kecamatan 482 orang
Baca juga: Kajati Kalbar terjunkan jaksa terbaik untuk Pilkada 2020

   

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020