Dua peserta seleksi CPNS tahun 2019 di Kemenkumham Kalbar atas nama Ainul Yaqin dan Rachmadani meraih nilai tertinggi yakni 465 pada tahap Computer Assisted Test Seleksi Kompetensi Dasar (CAT SKD).

"Kemarin Selasa (4/2) kami sudah mendata peserta CPNS, dan hasilnya dua peserta berhasil meraih nilai yang sama dan nilai tertinggi, yakni hasil CAT SKD-nya 465," kata Humas Kemenkumham Kalbar, Muslimy di Pontianak, Rabu.

Ia menjelaskan, atas nama Ainul Yaqin berhasil meraih nilai 465 di sesi tes kedua, dan Rachmadani di sesi tes kelima, dengan rincian nilai Ainul Yaqin untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebesar 150, Tes Intelegensia Umum (TIU) sebesar 155, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebesar 160. Sedangkan Rachmadani untuk TWK sebesar 140, kemudian TIU sebesar 170, dan TKP sebesar 155.

Dari akun instagram kemenkumham_kalbar menambahkan Ainul Yaqin dan Rachmadani sebelumnya pernah mengikuti tes CPNS namun mereka belum berhasil lolos . Pada tahun ini mereka mengikuti kembali tes CPNS Kemenkumham Kalbar bagian Pemeriksa Keimigrasian dan berhasil mendapatkan nilai tertinggi untuk saat ini.

"Pada tahun 2018 pertama saya mengikuti tes CPNS saya gagal lolos karena hanya mendapatkan nilai 270 saja," kata Ainul Yaqin.

Hal senada juga diakui oleh, Rachmadani. Dia juga mengikuti tes CPNS Kemenkumham Kalbar dan mengambil bagian penjaga tahanan namun hanya mendapatkan nilai 325.

Pernah gagal di tahun pertamanya mengikuti tes CPNS membuat Ainul Yaqin dan Rachmadani tidak ingin mengulangi kesalahan dan berakhir kegagalan untuk yang kedua kalinya. Mereka melakukan persiapan dengan membelajari buku-buku CPNS serta mengingat kembali soal-soal dari tahun lalu.

Dalam kesempatan itu, Rachmadani berpesan kepada para peserta yang belum beruntung dalam mengikuti tes CPNS di lingkungan Kemenkumham Kalbar, agar rajin-rajin belajar.

"Tips dari saya kepada teman-teman yang ingin tes CPNS, agar jangan menghabiskan waktu hanya untuk bermain saja. Sementara bagi yang belum beruntung agar tetap semangat dan jangan menyerah untuk meraih cita-cita yang lebih tinggi lagi," katanya.

Pewarta: Andilala/Ega dan Andi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020