Data penduduk merupakan data dasar untuk membuat perencanaan diberbagai bidang sehingga sangat penting untuk dapat memiliki data kependudukan yang akurat dan memiliki satu sumber data kependudukan sehingga pemerintah lebih kuat dalam merencanakan suatu program maupun kebijakan.

Hal ini diungkapkan Bupati Kayong Utara Drs. Citra Duani ketika membuka secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi Sensus Penduduk (SP 2020) di Istana Rakyat (Pendopo Bupati), Senin (24/2/2020).

Bupati Citra juga mengatakan bahwa perencanan yang baik harus didukung dengan data yang baik dan valid sehingga pembangunan akan menjadi lebih tepat sasaran.
 
Rapat Koordinasi Sensus Penduduk (SP2020) di Istana Rakyat (Pendopo Bupati) (Antara Kalbar/HO)


"Pembangunan yang baik berawal dari perencanaan yang baik pula dan perencanaan yang baik harus didukung oleh data yang baik dan valid karena kebutuhan data yang valid merupakan kunci utama kesuksesan pembangunan, sehingga dengan demikian perencanaan pembangunan akan menjadi lebih tepat sasaran," ucap Bupati.

Terkait dengan hal ini, Citra  berharap kepada peserta Rakor Sensus Penduduk 2020 agar mensosialisasikan kepada masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam Sensus Penduduk 2020 tersebut.

"Saya berharap dengan diselenggarakannya kegiatan Rakor SP 2020 ini, seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat mensosialisasikan kepada masyarakat agar mendukung pelaksanaan hajatan besar bangsa ini dan dapat berpartisipasi dalam mensukseskan SP 2020 baik sensus penduduk online maupun sensus penduduk wawancara sehingga tidak ada lagi masyarakat Kayong Utara yang tidak tercatat datanya," harap Citra.
 
Rapat Koordinasi Sensus Penduduk (SP2020) di Istana Rakyat (Pendopo Bupati) (Antara Kalbar/HO)


Selanjutnya Bupati Citra juga mengintruksikan kepada seluruh OPD Kayong Utara agar turut berpartisipasi aktif dalam mengisi Sensus Penduduk 2020.

"Demi suksesnya SP2020 yaitu Sensus Penduduk Online yang diselenggarakan oleh BPS, maka saya menginstruksikan kepada seluruh Kepala Bupati Citra  beserta jajarannya untuk berpartisipasi aktif dalam mengisi Sensus Penduduk Online tahun 2020 ini," Tutur Citra.

Kegiatan yang diselenggarakan Badan Pusat Statistik Kayong Utara tersebut juga dihadiri oleh Sekda Kayong Utara, Pabung Kodim Ketapang, Polres Kayong Utara, Kepala BPS Kayong Utara, beberapa Kepala OPD serta diikuti oleh Camat Se-Kabupaten Kayong Utara.


Baca juga: BPS Kalbar turunkan 7.000 petugas di 2.031 desa
Baca juga: Wabup Askiman ikuti sensus penduduk secara online
Baca juga: Bupati Jarot ajak masyarakat Sintang ikut sensus penduduk 2020
 

BPS targetkan 20 persen penduduk Sumbar ikuti sensus online

 

Pewarta: Humas / Japri

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020