Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengharapkan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Mata Garuda Kalbar untuk bisa melakukan seleksi yang ketat kepada penerima beasiswa pendidikan, agar beasiswa yang diberikan bisa tepat sasaran dan didapat oleh pelajar yang benar-benar berpotensi.

"Untuk itu, saya minta agar Mata Garuda Kalbar ini bisa mensosialisasikan diri lebih luas kepada masyarakat terutama anak-anak muda. Kemudian untuk masyarakat umum juga bisa, terutama sektor usaha yang mampu dan harus digali terus," kata Sutarmidji usai menjadi pembicara kunci pada Kegiatan "Persiapan Keberangkatan Penerima Beasiswa LPDP Kalbar di Pontianak, Minggu.

Dikatakannya, LPDP Mata Garuda Kalbar ini mengelola dana abadi untuk peningkatan Sumber Daya Manusia dan dirinya berharap ke depannya semakin banyak anak-anak muda Kalbar yang bisa melanjutkan studi S2 maupun S3 di dalam maupun di luar negeri.

Baca juga: Gubernur Kalbar berikan beasiswa kepada juara MTQ nasional
Baca juga: Sutarmidji: Beasiswa Hanya Untuk Siswa Asal Kota Pontianak


Sutarmidji berharap bidang keilmuan yang harus di tempuh hendaknya menyesuaikan dengan kompetensi yang dibutuhkan di Kalbar. Contoh di bidang kedokteran itu seperti radiologi dan anastesi itu sangat penting dan sangat dibutuhkan.

"Kemudian dokter spesialis yang berkaitan sama kanker, jantung dan lainnya yang dibutuhkan," katanya.

Pada kesempatan itu dia menambahkan, Pemprov Kalbar juga memiliki beberapa beasiswa untuk pegawai maupun masyarakat. Namun, dirinya lebih cenderung memberikan beasiswa tersebut kepada yang betul-betul membutuhkan dan mereka itu rata-rata sudah punya kerja.

"Mereka bisa kembangkan apa yang sudah dicapai ilmunya untuk diimplementasikan di bidang kerjanya di Kalbar dan terus ikuti perkembangan-perkembangan mana yang perlu pengembangan lebih lanjut dan mana yang perlu penelitian lebih lanjut dari hal-hal yang ada di Kalbar supaya bisa menjadi nilai tambah," tuturnya.

Baca juga: Pontianak Janjikan Beasiswa Nilai UN Tertinggi


Mantan Wali Kota Pontianak dua periode itu menambahkan Sumber Daya Manusia unggul itu bisa mengelola Sumber Daya Alam dengan mendapatkan nilai tambah yang sangat bagus kemudian bisa mengubah hal yang selama ini menjadi cepat kemudian mengubah hal yang kurang inovatif menjadi inovatif dan hal yang kurang kreatif menjadi kreatif.

"Untuk itu, saya minta sekali lagi kepada pihak lainnya juga yang memberikan beasiswa pendidikan, agar bisa memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat Kalbar yang ingin melanjutkan pendidikan lebih tinggi, untuk meningkatkan SDM Kalbar," katanya.


Baca juga: Karolin minta perusahaan berikan bantuan beasiswa pendidikan
Baca juga: Smart Ekselensia kembali buka seleksi nasional beasiswa
Baca juga: MAN Insan Cendekia Sambas dorong alumninya untuk belajar ke luar negeri
Baca juga: Livienne Russellia bagikan beasiswa pada siswa tidak mampu

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020