Guna mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 di wilayah Kalbar, PT Antam Tbk Unit Bisnis Pertambangan Bauksit Kalbar bersama Dinas Kesehatan Kalbar melakukan sosialisasi kepada masyarakat Pontianak pada kegiatan senam pagi bersama di halaman Mega Mall A.Yani Pontianak.

"Antam sebagai perusahaan BUMN hari ini ingin ikut mensosialisasikan dan memberi pemahaman dalam melakukan pencegahan penyebaran virus Corona. Pada kesempatan senam bersama ini kami juga ingin mengajak seluruh masyarakat Kalbar untuk ikut serta dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang merupakan program pemerintah," kata VP CHF PT Antam Tbk UBP Bauksit Kalbar, Muhammad Rusdan di Pontianak, Minggu.

Menurut Rusdan, kegiatan seperti itu juga akan dilakukan Antam Kalbar ke sekolah-sekolah dan kepada masyarakat luas bersama Dinas Kesehatan dan pihak terkait.

 "Kami juga telah melakukan sosialiasi dengan imbauan melalui billboard, spanduk, poster dan leaflet yang isinya merupakan seruan dan sosialisasi tentang pencegahan penyebaran virus Corona dengan mengajak masyarakat untuk membiasakan diri tetap hidup sehat," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson yang berkesempatan hadir dalam kegiatan itu mengatakan, Pemerintah Kalbar sangat menyambut baik apa yang dilakukan Antam dan perusahaan BUMN lainya yang ada di Kalbar. 

"Saya mewakili Pemprov Kalbar sangat menyambut baik apa yang dilakukan Antam dalam rangka ikut bersama kami mensosialisasikan apa itu virus Corona. Dan hal seperti ini memang yang sangat kita butuhkan adanya keterlibatan masyarakat dan pihak swasta untuk memerangi penyebaran virus Corona khususnya di wilayah Kalbar," katanya.

Dalam sosialisasinya pada acara tersebut, Kadis Kesehatan Kalbar Harisson memberikan sosialisasi dan memperagakan bagaimana mencuci tangan pakai sabun dan pengunaan masker yang benar.

"Yang paling penting diketahui oleh masyarakat adalah cara pencegahan terjangkitnya virus Covid-19 ini, yaitu dengan sering cuci tangan pakai sabun, konsumsi gizi seimbang dengan memperbanyak makan sayur, dan jangan mengkonsumsi daging yang tidak dimasak," katanya.

Kemudian ujarnya lagi, bila batuk, pilek dan sesak nafas segeralah ke fasilitas kesehatan. "Ingat jangan panik, gunakan masker bila batuk dan pilek. Serta rajinlah berolahraga dan istirahat yang cukup," pungkasnya.




 

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020