Sekretaris Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Nazaruddin mengatakan untuk saat ini berdasarkan data tercatat ada 164 orang dalam pemantauan (ODP) terkait COVID - 19, namun 37 ODP dari jumlah tersebut sudah selesai masa pantauan.

" Berdasarkan data yang kami catat terhitung pukul 17. 00 WIB, Rabu (01/4) ada 164 ODP dan hasil pantauan selama 14 hari, dari jumlah ODP yang ada 37 orang diantaranya selesai pemantauan," kata Nazaruddin, dihubungi Antara, di Putussibau, Ibu Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Rabu.

Disampaikan Nazaruddin, untuk 37 ODP yang selesai masa pemantauan, karena selama 14 hari pantauan petugas kesehatan yang bersangkutan tidak ada gejala COVID - 19 dan dalam keadaan sehat.

Menurut dia, dari 37 ODP itu kecamatan yang paling banyak ODP yang selesai pemantauan yaitu Kecamatan Putussibau Selatan dari 23 kecamatan yang ada di wilayah Kapuas Hulu.

" Jadi tidak perlu khawatir yang berlebihan dengan adanya ODP, karena itu mendapatkan pemantauan secara rutin oleh petugas kesehatan dan bukanlah orang yang positif COVID - 19," jelas Nazaruddin.

Meski pun demikian, kata Nazaruddin, tetap di imbau kepada masyarakat Kapuas Hulu untuk tetap waspada, tetapi tidak perlu berlebihan dan perlu kembali di ingatkan bahwa di Kapuas Hulu sampai saat ini tidak ada yang dinyatakan positif COVID - 19.

Ia berpesan yang terpenting yaitu terapkan pola hidup sehat, rajin cuci tangan, jaga jarak dan hindari kerumunan orang ramai.

" Tetap patuhi kebijakan pemerintah untuk kebaikan dan keselamatan kita semua, dan jangan keluar rumah jika tidak ada keperluan mendadak, mudah - mudahan kita semua terhindar dari wabah penyakit tersebut," kata Nazaruddin.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020