Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengakui masalah untuk meningkatkan tes COVID-19 dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) terdapat pada jumlah sumber daya manusia yang terbatas.

"Petugas laboratorium jumlahnya terbatas, mereka diharapkan bisa kerja 24 jam tapi saat ini cuma bisa 8 jam saja, kalau bisa tingkatkan sumber daya manusia di laboratorium melalui bantuan IDI (Ikatan Dokter Indonesia) di daerah-daerah kita harapkan lab bisa bekerja selama 16 jam," kata Doni Monardo di kantornya di Jakarta, Senin.

Doni menyampaikan hal tersebut seusai mengikuti rapat terbatas dengan tema "Laporan Tim Gugus Tugas Covid-19" yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo melalui "video conference".

Baca juga: Doni Monardo berharap hidup kembali normal di Juli

Metode PCR yang sering disebut dengan 'swab test' yang menggunakan sampel cairan dari saluran pernapasan bawah sebagai bahan pemeriksaan. Ketika sampel cairan dari saluran pernapasan bawah tiba di lab, para peneliti mengesktrak asam nukleat di dalamnya. Asam nukleat tersebut mengandung genom virus yang dapat menentukan adanya infeksi atau tidak dalam tubuh.

"Kalau sudah bisa beroperasi 16 jam berarti sudah di atas 12 ribu spesimen per hari yang diperiksa karena 'reagen' tersedia termasuk juga komponen-komponen lain untuk mendukung swab juga tersedia," ungkap Doni.

Reagen adalah zat atau senyawa yang digunakan ke sistem saat pengetesan yang menyebabkan reaksi kimia untuk melihat apakah terjadi reaksi.

Komponen lain yang dibutuhkan untuk PCR adalah viral transport medium (VTM) atau media pembawa virus dan ekstrak RNA atau pemurnian asam nukleat rantai tunggal yang merupakan hasil translasi dari DNA.

"Presiden sejak 2 minggu lalu meminta supaya setiap hari kita mampu melakukan 10 ribu pengambilan spesimen tapi kenyataannya data riil sampai sekarang ini baru berkisar 6.000-7.000 spesimen saja, faktornya bukan hanya reagen saja, reagen sudah terdistribusi hingga minggu ini 1 juta reagen, termasuk juga sudah VTM dan esktrasii RNA," ungkap Doni.

Baca juga: Kasus baru COVID-19 di Indonesia turun hingga 11 persen

Menurut Doni, pemerintah sudah mendatangkan lebih dari 420 ribu reagen PCR dan bahkan pada Minggu (3/5) malam sudah tiba lagi 500 ribu VTM dan ekstraksi RNA.

"Sehingga diharapkan minggu ini kita punya 1 juta reagen, VTM dan ekstraksi RNA, jadi tes masif di 59 laboratorium bisa dioptimalkan lagi, kendalanya adalah sumber daya di tiap laboratorium belum optimal, masih terbatas tenaga personil," tambah Doni.

Untuk itulah Gugus Tugas Pusat meminta ke IDI Pusat maupun IDI wilayah untuk dapat membantu sehingga tes masif bisa optimal.

"Kita tunggu beberapa hari ke depan setelah laboratorium berfungsi lebih optimal dengan pemeriksaan hingga lebih dari 10 ribu dengan waktu kerja bisa kurang lebih dari 16 jam mungkin bisa kita ketahui lebih pasti lagi daerah mana yang menurun, mendatar dan mana yang meningkat penyebaran COVID-19," jelas Doni.

Baca juga: 1.370 santri di Kalbar terima vitamin dan APD dari Bank Indonesia

Baca juga: Gapkindo Kalbar serahkan bantuan 500 baju hazmat
 

Pewarta: Desca Lidya Natalia

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020