Wakil Bupati Kayong Utara, Kalimantan Barat, Effendi Ahmad meluncurkan penerapan Dukcapil Go Digital yang merupakan transformasi awal di bidang administrasi kependudukan dalam rangka peningkatan efektivitas kinerja dalam hal pelayanan kepada masyarakat daerah itu.

"Saya sangat bersyukur atas terlaksananya penerapan Dukcapil go digital dan inovasi pelayanan administrasi kependudukan yang hari ini kita luncurkan. Hal ini merupakan salah satu peningkatan efektivitas kinerja oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam hal memberikan pelayanan dokumen. Sehingga semakin mempermudah masyarakat dalam mengurus data kependudukannya seperti KTP dan Kartu Keluarga," ujarnya saat dihubungi di Kayong Utara, Rabu.

Effendi menerangkan bahwa penerapan Dukcapil Go Digital dan inovasi pelayanan administrasi kependudukan merupakan program nasional dalam bentuk pemenuhan kewajiban negara bagi masyarakat sebagai wujud kehadiran negara dalam menjamin kemudahan dan menjaga agar database nasional terlindungi. Dengan demikian program ini juga harus disosialisasikan langsung ke masyarakat.

Baca juga: Normal Baru peluang UMKM "go digital"
Baca juga: Jasa Raharja akan lebih "go digital"

Kemudian melalui penerapan Dukcapil Go Digital, ia berharap agar masyarakat semakin mudah untuk melengkapi data kependudukannya. Tidak ada lagi alasan warga untuk tidak melengkapi data dan administrasi kependudukan. Menurutnya administrasi kependudukan sangat penting untuk mengurus berbagai hal. Jangan sampai ketika untuk butuh dengan segera mengurus hal tersebut.

"Dengan inovasi ini diharapkan semakin dapat memudahkan masyarakat dalam melengkapi memperbaharui data dokumen kependudukannya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku demi untuk menjamin keabsahan database penduduk. Sehingga masyarakat memiliki data yang lengkap dan akurat," katanya.

Peluncuran penerapan Dukcapil Go Digital dan inovasi pelayanan administrasi kependudukan di pendopo bupati tersebut diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kayong Utara. Kegiatan juga dihadiri oleh Anggota DPRD Kayong Utara, Sekda Kayong Utara, beberapa Kepala OPD dan Camat Se-Kabupaten Kayong Utara.

Baca juga: Kemenperin gencar dorong IKM Kalbar rambah pasar global
Baca juga: Dukcapil Kapuas Hulu : Dokumen kependudukan bisa dicetak di rumah
Baca juga: Dukcapil Kapuas Hulu akan berikan layanan gunakan mobil keliling
 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020