Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar) menyalurkan 32 hewan kurban untuk sembilan kecamatan setempat, pada perayaan Idul Adha tahun ini.

"Untuk tahun ini ada 32 ekor hewan kurban yang kami salurkan, terdiri atas 24 sapi dan 8 kambing dari bantuan pribadi dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat serta sejumlah perusahaan melalui program CSR ke 9 Kecamatan yang disembelih pada perayaan Idul Adha 1441 Hijriah," kata Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Jumat.

Muda menjelaskan, semua hewan kurban di Kubu Raya ini standarnya sudah dilakukan dengan memberikan PIN untuk memastikan kondisi hewan qurban ini dalam keadaan sehat, tidak cacingan dan layak dikonsumsi.

Muda menuturkan, penyaluran hewan kurban ke-9 kecamatan itu berdasarkan luas wilayah dan jumlah penduduk, ada yang 2, ada yang 3 dan ada yang 4 ekor sapi. Bupati menyadari, dengan jumlah hewan qurban yang ada saat ini tidak mungkin bisa menjangkau semua masyarakat di Kubu Raya yang mencapai lebih dari setengah juta jiwa penduduk.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada semua OPD, karena dengan adanya kebersamaan ini merupakan bagian dari cara kita membangun rasa kepekaan untuk berbagi serta kepedulian," kata Muda,

Muda juga menyampaikan terima kasih kepada perusahaan swasta yang juga ikut berkontribusi melalui CSR nya masing-masing dari semua jenis, baik sektor perkebunan, perdagangan, jasa dan sebagainya. Dirinya yakin di Kubu Raya ini sudah terbangun modal sosial dan pola-pola yang sudah baik selama ini.

Yang mana dalam menghadapi perayaan Idul Adha ini ada yang mengikuti arisan kambing, sapi dan lain sebagainya. Tentunya semua itu merupakan semangat ‘kepung bakul’ untuk sama-sama berbagi dalam perayaan Idul Qurban ini.

Sementara itu pengurus masjid Rhadiatum Mardiyah di gang Besar Desa Arang Limbung Kecamatan Sungai Raya Jamaluddin akan menyampaikan bantuan hewan kurban berupa sapi ini kepada jama’ahnya dan tentunya bantuan hewan qurban ini sangat bermanfaat bagi jama’ahnya dan ini akan selalu menjadi ingatan bagi warga karena setiap tahunnya masjid yang diurusnya selalu mendapatkan bantuan hewan qurban.

"Untuk masjid Rhadiatum Mardiyah yang berlokasi di gang Besar Desa Arang Limbung Kecamatan Sungai Raya tercatat 220 orang. Sampai saat ini pihaknya sudah mendapatkan dua ekor sapi dan empat ekor kambing," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020