Manggala Agni Provinsi Kalbar mengajak semua kalangan masyarakat ikut terlibat dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Mari kita semuanya untuk selalu siaga dan semakin peduli pada masalah karhutla yang hampir setiap tahun berulang terjadi, agar jangan menjadi bencana asap, apalagi di masa pandemi COVID-19," kata Koordinator Manggala Agni Provinsi Kalimantan Barat Sahat Irawan Manik di Kubu Raya, Sabtu.

Ia menekankan pentingnya keterlibatan semua kalangan masyarakat dalam membudayakan pembukaan lahan tanpa bakar guna meminimalkan risiko kebakaran hutan dan lahan.

Sahat juga mengatakan bahwa dia bersama jajaran aparat Kepolisian Daerah, Kodam XII/Tpr, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah sudah meninjau kerja Posko Patroli Terpadu Pencegahan Karhutla di Desa Limbung, Kabupaten Kubu Raya.

Kegiatan Posko Patroli Terpadu Pencegahan Karhutla, menurut dia, mencakup penguatan kapasitas masyarakat tingkat tapak untuk mendukung pencegahan dan deteksi dini kebakaran hutan dan lahan.

Ia mengatakan, pemetaan area rawan, kepemilikan lahan dan alternatif solusi serta perencanaan pembuatan demplot untuk percontohan pembukaan lahan tanpa bakar di tingkat desa sangat penting dalam upaya pencegahan karhutla.

"Pemerintahan desa diharapkan mempunyai kesiapan dalam menghadapi karhutla serta mempunyai rencana aksi yang dapat dilakukan secara terus menerus setiap tahunnya," katanya.

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020