Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Singkawang melakukan tes cepat kepada puluhan warga Gang Happy, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat.

"Dalam kegiatan ini disiapkan sebanyak 80 alat tes cepat. Sasaran kami sebenarnya 60 warga, tetapi kami siapkan 80 alat tes cepat," kata Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang, Sri Sumiyati, Selasa.

Namun, antusias warga Gang Happy sepertinya sangat tinggi untuk memanfaatkan tes cepat secara gratis tersebut. "Puluhan warga Gang Happy yang di Rapid Test terdiri dari laki-laki 14 orang dan perempuan 66 orang dan Alhamdulilah, semua hasilnya Non Reaktif," tuturnya.

Dia mengatakan, apabila ada warga yang hasil tes cepatreaktif, maka akan dilakukan uji usap di RSUD Abdul Aziz Singkawang. "Swab yang dilakukan guna memastikan apakah dia positif atau negatif COVID-19," katanya.

Guna mengantisipasi penyebaran COVID-19, pihaknya akan terus melakukan tes cepat kepada masyarakat khususnya di daerah-daerah pelosok yang ramai dengan penduduknya. 

"Sehingga penyebaran COVID-19 dapat ditekan semaksimal mungkin guna mempertahankan Kota Singkawang yang saat ini sudah memasuki zona hijau," tuturnya. 

Di tempat yang sama, Kepala Satpol PP Singkawang, Karjadi mengatakan, jika pihaknya mempunyai program kegiatan rutin yaitu patroli kegiatan. "Artinya sejak tanggal 20 Maret patroli sudah dilaksanakan dalam upaya pencegahan dan sosialisasi tentang protokol kesehatan mencegah pandemi COVID-19," katanya. 

Kegiatan-kegiatan itu meliputi beberapa aspek, pertama, ditujukan kepada anak-anak yang berwisata. Kedua, tempat-tempat seperti hotel/usaha/UMKM/cafe/karaoke. "Itu menjadi bagian dari sosialisasi kita," ujarnya. 

Sedangkan kegiatan kali ini, Satpol PP bersama dengan Dinas Kesehatan dan KB juga mempunyai program yang salah satunya mengecek kesehatan khususnya kepada warga yang berada di Gang Happy. 

"Pengecekan kesehatan di Gang Happy ini merupakan kegiatan yang kesekian kalinya. Kita juga sudah melakukan sosialisasi beberapa kali, pembinaan bahkan melakukan pendataan," ungkapnya. 

Dia berharap, Singkawang yang sudah zona hijau ini bisa dipertahankan, jangan sampai teledor bahkan kecolongan. "Kita terus berupaya dengan mendatangi segala aspek untuk diberikan sosialisasi," jelasnya. 

Sementara Camat Singkawang Barat, Yulianus Anus mengatakan, sangat mendukung kegiatan tes cepat yang digelar. "Karena tes cepat yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kesehatan warga," katanya. 


"Harapan saya Singkawang zona hijau dapat terus dipertahankan," ujarnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020