Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) memperkuat Generasi Pesona Indonesia (Genpi) melalui pembinaan guna memaksimalkan promosi wisata daerah.

"Genpi merupakan gerakan yang diharapkan dapat meningkatkan minat anak muda dalam berkontribusi mempromosikan pariwisata di Kalbar. Untuk itu dipandang perlu Genpi diberikan pembinaan dan penguatan,"ujar Kepala Disporapar Provinsi Kalbar Windy Prihastari saat acara pembinaan dan penguatan Genpi Kalbar di Pontianak, Sabtu.

Ia terus mendorong Genpi Kalbar memperkenalkan dan mempromosikan objek dan daya tarik wisata yang ada melalui kekuatan media digital saat ini.

"Kita berharap dan mendorong agar kekuatan Genpi dimaksimalkan melalui media sosial atau platform lainnya, sehingga promosi dan daerah ini dikenal luas," kata dia.

Pada saat pandemi COVID- 19 ini ia meminta Genpi Kalbar juga bisa menjadi duta dalam kampanye disiplin penerapan protokol kesehatan.

"Saat pembinaan ada praktek di lapangan. Nah, saya minta Genpi Kalbar tetap menerapkan protokol kesehatan dan segala dalam aktivitas di objek wisata atau area publik menjadi duta kampanye protokol kesehatan pencegahan COVID-19," katanya.

Sementara itu Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kalbar Sri Jumiadatin berharap generasi muda yang tergabung dalam Genpi bisa menjadi pelopor untuk mengenalkan destinasi wisata di Kalbar.

"Kaum milenial sebagai agen perubahan kita minta terdepan dan apalagi di zaman kemajuan teknologi kian pesat, mereka harus terdepan," katanya.

Ia menyebutkan bahwa Kalbar memiliki potensi pariwisata yang didukung dengan kekayaan alam pesona budaya daerah dan keunikan sejarah.

"Untuk itu perlu upaya pengembangan dan promosi pariwisata daerah agar bisa menjadi salah satu daerah tujuan wisata unggulan yang aman, nyaman, dan menarik bagi wisatawan," katanya.

Baca juga: Kalbar siapkan pemetaan potensi destinasi wisata unggulan tiap daerah

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020