Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat membagikan alat musik kepada beberapa pengelola tempat wisata dan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), lembaga pendidikan, kelompok kesenian, kelompok pemuda dan sanggar di sejumlah titik di Kubu Raya.

"Penyerahan alat kesenian kepada masyarakat ini bertujuan menghidupkan suasana dan ajang kegiatan positif serta membangun suasana bahagia kepada remaja atau anak-anak muda agar tidak melakukan hal-hal negatif. Apalagi di masa pandemi saat ini, pasti semuanya tidak melakukan pembelajaran secara tatap muka," kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Sabtu.

Baca juga: BKMT - Polres Bengkayang bantu warga terdampak COVID-19

Menurutnya, dengan adanya aktivitas positif dan bahagia di tengah masyarakat, tentu akan menghidupkan suasana batin yang tenang.

"Karena kalau di kampung-kampung, tentunya suara qasidah, rebana, tar dan marawis akan membangun semangat imunitas tubuh dan sekaligus kita juga memperkuat hal-hal yang sifatnya silaturrahim," tuturnya.

Muda menambahkan, sejumlah tempat wisata yang ada di Kubu Raya saat ini perlu diperkaya dengan nuansa-nuansa budaya, sehingga di setiap tempat wisata ada anak-anak atau kelompok yang bermain tar, marawis atau keyboard.

"Tentunya hal ini akan menghidupkan suasana batin yang bahagia di titik-titik wisata desa. Untuk saat ini baru 4 titik wisata yang baru kita berikan, Insya Allah pada tahun mendatang kita akan berikan lagi untuk titik yang lainnya," katanya.

Baca juga: Bupati Muda harapkan BKMT jadi penggerak kaum wanita

Muda berharap, dengan penyerahan alat kesenian ini juga bisa memberikan nilai tambah untuk produktivitas masyarakat Kubu Raya meski di tengah pandemi COVID-19.

Pada tahun mendatang, pemkab juga akan menambah alat kesenian lainnya, tambahnya.

Di tempat yang sama, Plt Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kubu Raya Maria Agustina mengatakan, penyerahan alat kesenian ini terdapat 70 penerima, diantaranya untuk marawis ada 32 titik, tar 16 titik, alat musik keyboard diberikan di empat titik destinasi wisata.

"Untuk alat kesenian tar dan rebana diberikan kepada Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) dan untuk pendidikan itu alat kesenian marawis sedangkan destinasi wisata orgen atau keyboard," kata Maria Agustina.

Baca juga: BKMT dan IBI Mitra utama Perwakilan BKKBN di Kalbar
Baca juga: BKKBN - BKMT perkuat kemitraan lintas sektor
Baca juga: BKMT Diharapkan Tingkatkan Kerukunan Antarumat Beragama

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020