Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kapuas Hulu, Kalimantan Barat Alfiansyah mengatakan hingga saat ini penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang dibiayai dari dana desa di Kapuas Hulu mencapai Rp50 miliar.
 
"Penyaluran BLT dana desa itu sejak April hingga Desember 2020 bisa membantu masyarakat tidak mampu selama masa pandemi COVID-19. dana yang sudah digelontorkan mencapai Rp50 miliar," kata Alfiansyah di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa.
 
Baca juga: Seorang lansia meninggal saat antri BLT di Kayong Utara

Alfiansyah mengatakan jumlah penerima BLT dana desa di Kapuas Hulu 13 ribu keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di 278 desa.
 
Menurut dia, pada April, Mei dan Juni penyaluran BLT dana desa tersebut sebesar Rp600 ribu/bulan untuk masing-masing penerima manfaat, pada Juli hingga Desember mendatang sebesar Rp300 ribu/bulan.
 
"Dana desa memang diprioritaskan untuk penanganan pandemi COVID-19 dengan pembentukan Satgas COVID-19 di desa, termasuk penyaluran BLT dana desa," ucap Alfiansyah.
 
Ia mengatakan dana desa Kapuas Hulu tahun ini kurang lebih sebesar Rp274 miliar untuk 278 desa, sedangkan untuk dana desa tahun 2021 belum bisa di pastikan nominalnya.

Baca juga: Program BSU Rp600.000 sangat membantu ekonomi pekerja
Baca juga: Diskop UMKM Bengkayang fasilitasi pelaku usaha peroleh BLT
Baca juga: Bupati Kapuas Hulu salurkan BLT dana desa di kawasan Danau Sentarum

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020