Ruas jalan nasional antara Kecamatan Kalis dan Putussibau Selatan wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat semakin memprihatinkan akibat genangan air dan jalan berlubang, kondisi tersebut terjadi sejak beberapa tahun terakhir.

"Jalan itu tergenang air dan banyak berlubang, kami minta pengendara harus berhati-hati, karena rawan terjadi kecelakaan," kata Kapolres Kapuas Hulu melalui Kasat Lantas Polres Kapuas Hulu IPTU Doni, usai mengatur lalu lintas di lokasi jalan Kalis-Putussibau wilayah Kapuas Hulu, Selasa.

Disampaikan Doni, kerusakan dan genangan air tersebut berada di kilometer 17-18 di jalan Lintas Selatan antara Kalis-Putussibau Selatan dengan panjang tergenang sekitar 200 meter.

Baca juga: BRI Putussibau salurkan 12 unit komputer untuk MTs Ma'arif NU Kapuas Hulu

Ia mengatakan Satlantas Polres Kapuas Hulu turun ke lokasi jalan tergenang mengatur lalu lintas pengendara.

"Kami tadi ke lokasi jalan tergenang, banyak lubang-lubang dalam, kami juga bagikan masker kepada pengguna jalan sebagai upaya pencegahan COVID-19," kata Doni.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kapuas Hulu Muhammad Khabri mengaku sudah sering kali berkoordinasi dengan Balai Penanganan Jalan Nasional (PJN) di Pontianak, baik secara tertulis mau pun secara lisan.

Baca juga: Prajurit TNI Kodim 1206 Putussibau jalani rapid tes

"Masalah genangan air itu sudah pernah kami koordinasikan, namun sampai sekarang belum ada tindak lanjut yang berarti dalam penanganan ruas jalan tersebut," ucap Khabri.

Dia berharap pihak Balai PJN segera melakukan penanganan terhadap jalan Kalis-Putussibau, mengingat jalan nasional itu akses penghubung Ibu Kota Provinsi ke Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu dan saat ini menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru, tentu aktivitas pengendara orang dan barang semakin padat.

Baca juga: KPU Kapuas Hulu belum terima tiga jenis logisitik Pilkada serentak
Baca juga: Bawaslu Kapuas Hulu: Awas politik uang pidana menanti
Baca juga: KPU Kapuas Hulu sebut kekurangan 766 surat suara

Pewarta: Teofilusianto Timoti

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020