Prajurit TNI Kodim 1206 Putussibau wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat hingga jajaran melaksanakan rapid tes untuk mengantisipasi sebaran COVID-19.

"Rapid tes itu untuk memastikan prajurit bebas dari COVID-19 terutama peserta apel Danramil dan Babinsa," kata Dandim 1206 Putussibau Letkol Inf Basyaruddin, di Putussibau Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Senin.

Disampaikan Basyaruddin, selain memastikan prajurit bebas COVID-19, rapid tes yang dilakukan itu juga bertujuan untuk tindakan pencegahan dari sebaran COVID-19.

Menurut dia, melalui rapid tes paling tidak diketahui sedini mungkin, apabila prajurit terpapar COVID-19, sehingga ada langkah-langkah antisipasi.

"Prajurit TNI juga berperan aktif bersama pemerintah daerah dalam penanggulangan wabah COVID-19," kata Basyaruddin.

Ia menambahkan salah satu peran dari prajurit yaitu melakukan pendampingan terhadap petugas kesehatan dalam penelusuran riwayat kontak pasien COVID-19.

Selain itu, juga membantu pemerintah dalam melaksanakan sosialisasi pengamanan pos pantau pasar, serta memberi himbauan kepada masyarakat terhadap bahaya wabah tersebut.

"Kami juga mengingatkan kepada keluarga besar jajaran Kodim 1206 Putussibau hingga lapisan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dalam percepatan penanggulangan COVID-19," kata Basyaruddin.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020