Proses pemungutan suara ulang yang diselenggarakan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Pasar Pagi Putussibau, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, dalam Pilkada Serentak 2020 di daerah tersebut berjalan aman dan lancar.
 
Pemungutan suara ulang di TPS 01 Pasar Pagi Putussibau tersebut, dikarenakan adanya temuan Bawaslu Kapuas Hulu terkait pemilih yang diwakilkan.
 
"Pemungutan suara ulang aman dan kondusif, kami melihat animo masyarakat pun cukup antusias dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," kata Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir, usai meninjau pelaksanaan pemungutan suara ulang di Pasar Pagi Putussibau Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Sabtu.
 
Disampaikan Nasir, secara umum pelaksanaan pilkada di Kapuas Hulu berjalan aman dan sukses, hanya ada satu dusun di Kecamatan Empanang tidak menggunakan hak pilih dan kemudian adanya pemungutan suara ulang di TPS 01 Pasar Pagi Putussibau.
 
"Kami imbau tetap menjaga keamanan dan ketertiban dan menghargai proses demokrasi," ucap Nasir.
 
Ketua KPU Kapuas Hulu Ahmad Yani mengatakan Pemungutan suara ulang (PSU) TPS 01 Pasar Pagi Putussibau Kelurahan Putussibau Kota berdasarkan surat Keputusan KPU Kapuas Hulu menindaklanjuti temuan Bawaslu Kapuas Hulu adanya pemilih yang diwakilkan pada 9 Desember 2020 kemarin.
 
"Dari jumlah pemilih 384, animo masyarakat saat pemungutan suara ulang diatas 50 persen, proses PSU berjalan aman dan lancar serta menerapkan protokol kesehatan," kata Yani.
 
Ketua Bawaslu Kapuas Hulu Musta'an mengatakan temuan adanya pemilih diwakilkan terjadi pada 9 Desember 2020, sehingga pihaknya menyurati KPU Kapuas Hulu untuk dilaksanakan pemungutan suara ulang.
 
Kapolres Kapuas Hulu AKBP Wedy Mahadi mengatakan semua tahapan proses Pilkada Kapuas Hulu berjalan aman dan kondusif, protokol kesehatan juga diterapkan di masing-masing TPS.
 
"Sampai saat ini Kapuas Hulu kondusif, kotak suara sudah ada di masing-masing PPK dan kami terus melakukan pengawalan dan pengamanan," kata Wedy.
 
Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban, yang menang jangan berbesar hati dan yang kalah berdasarkan data sementara juga harus menerima dengan lapang dada.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020