Dinas Kesehatan Kota Pontianak di Provinsi Kalimantan Barat menargetkan vaksinasi COVID-19 pada tenaga kesehatan sudah selesai pada pertengahan Februari 2021.

"Sekarang tercatat sudah sebanyak 1.418 orang tenaga kesehatan yang ada di Kota Pontianak yang sudah divaksinasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu di Pontianak, Rabu.

Menurut data Dinas Kesehatan, jumlah tenaga kesehatan yang dari 14 hingga 26 Januari 2021 datang ke tempat pelaksanaan vaksinasi sebanyak 2.066 orang.

Dari jumlah itu, hanya 1.418 tenaga kesehatan yang dinyatakan layak mendapat suntikan vaksin COVID-19, sebanyak 648 orang lainnya tidak bisa menjalani vaksinasi karena punya penyakit bawaan atau sudah pernah tertular COVID-19.

Sidiq mengatakan bahwa pemerintah pusat menargetkan 4.635 tenaga kesehatan di Kota Pontianak mendapat vaksinasi, namun menurut data Dinas Kesehatan ada 5.500 tenaga kesehatan yang bertugas di Pontianak.

"Untuk sementara kami menggunakan target dari pusat, dan sebenarnya berapapun akan divaksin, karena nantinya juga semua penduduk divaksin," katanya.

Ia menjelaskan bahwa pada tahap pertama vaksinasi dilakukan pada semua orang yang bekerja di fasilitas kesehatan, termasuk dokter, perawat, bidan, tenaga administrasi, dan petugas pengamanan.

Setelah tenaga di sektor kesehatan selesai divaksin, menurut dia, target vaksinasi selanjutnya adalah petugas pelayanan publik termasuk aparat TNI dan Polri, pegawai pemerintah, dan guru.

"Setelah itu baru dilanjutkan bagi masyarakat umum," kata Sidiq.
Baca juga: Sudah 1.163 tenaga kesehatan di Pontianak divaksinasi
Baca juga: Agung Sedhayu jadi kadus pertama disuntik vaksin COVID-19 di Indonesia
Baca juga: Sebelas kabupaten/kota di Kalbar akan terima vaksin Sinovac
 

Pewarta: Andilala

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021