Satuan tugas (Satgas) COVID-19 Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, akan mendirikan posko di perbatasan, sehingga  petugas kesehatan akan melakukan swab antigen bagi pelintas jalur darat yang akan memasuki wilayah itu.
 
"Posko Penanggulangan COVID-19 akan didirikan di Simpang Silat perbatasan Sintang-Kapuas Hulu, nanti setiap orang yang akan masuk Kapuas Hulu akan diswab antigen," kata Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, di Putussibau, Ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Senin.
 
Disampaikan Fransiskus, pendirian posko di perbatasan itu salah satu bentuk komitmen dan ketegasan Satgas COVID-19 dalam rangka mencegah sebaran virus dari luar wilayah Kapuas Hulu.
 
Menurut dia, saat ini sejumlah kabupaten di Kalbar salah satunya Sintang sudah zona merah, hal tersebut perlu diantisipasi agar sebaran COVID-19 tidak merambah ke wilayah Kapuas Hulu yang saat ini masih zona kuning.
 
"Pemkab Kapuas Hulu fokus dalam menanggulangi COVID-19, apalagi menjelang lebaran ini. Kita tidak ingin kasus COVID-19 di Kapuas Hulu meningkat," kata Fransiskus.
 
Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kapuas Hulu Ade Hermanto menjelaskan petugas kesehatan akan melakukan swab antigen kepada pelintas yang masuk wilayah Kapuas Hulu apabila suhu badannya di atas 37,5 derajat Celcius.
 
"Kita akan perketat protokol kesehatan dan melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada orang yang masuk ke Kapuas Hulu, begitu suhu badan di atas 70 derajat akan langsung kita swab antigen," tegas Ade.
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021