Bupati Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, Muda Mahendrawan menyerahkan sejumlah bantuan kepada para korban banjir yang ada di Kecamatan Rasau Jaya.

"Kita berharap banjir akan segera surut, sehingga warga bisa segera kembali ke rumahnya. Bantuan ini memang tidak seberapa, namun diharapkan bisa memberikan manfaat untuk masyarakat yang menjadi korban banjir," kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat mengunjungi korban banjir di Kecamatan Rasau Jaya, Kamis.

Dalam kunjungannya tersebut, Muda menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat berupa mie instan, 500 kilogram beras, makanan anak-anak dan selimut. 

Sebagai bupati, dirinya sudah meminta kepada BPBD setempat untuk melakukan pendataan, tidak hanya banjir di Rasau Jaya, tetapi juga di daerah lainnya.

Seperti diketahui, puluhan rumah yang berada di Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat  terendam banjir akibat hujan dan air pasang yang terjadi sejak Selasa (13/7) malam.

Sampai sore Rabu kemarin, puluhan rumah warga terendam banjir hingga pinggul orang dewasa. Sementara ratusan rumah lainnya tergenang air hingga lutut orang dewasa.

Banjir yang terjadi tidak hanya di Desa Rasau Jaya Umum, namun juga di Sekunder C dan beberapa desa di sekitarnya. 

"Saat ini, sebagian besar penduduk sudah mengungsi di SDN 16 sekunder C. Ada 65 orang yang mengungsi di sekolah tersebut, terdiri dari Lansia 10 orang, balita 8 orang, ibu hamil 2 orang dan selebihnya orang dewasa," kata Muda.

Menanggapi musibah banjir tersebut, pihaknya langsung menggerakkan sejumlah tenaga kesehatan untuk menyiapkan obat-obatan bagi masyarakat yang membutuhkan perawatan.

"Kita tetap mengimbau agar masyarakat yang sementara ini mengungsi untuk tetap menjaga prokes, untuk menghindari penyebaran COVID-19 di sini. Mudah-mudahan banjir bisa segera surut agar masyarakat bisa segera kembali ke rumahnya," tuturnya.

Sementara itu, berdasarkan data dari BPBD Kubu Raya terdapat 208 orang dari 58 KK yang ada di Desa Rasau Jaya Umum terdampak banjir dan rumahnya terendam.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021