Perumda Air Minum.Gunung Poteng (AMGP) Kota Singkawang membangun layanan SMS Gateway, untuk memudahkan pelanggan dalam mengecek maupun melakukan pembayaran tagihan air. 

"Kami sedang melakukan pendataan nomor pelanggan PDAM baik yang sudah lama melakukan pemasangan maupun yang baru mendaftar sebagai pelanggan PDAM. Sebelumnya kan kita lakukan secara manual yaitu dengan menurunkan petugas ke lapangan untuk mencatat meteran air, jadi sekarang kita coba menghemat biaya dengan memberitahukan kepada pelanggan melalui layanan SMS Gateway," kata Kabag Umum dan Logistik Perumda AMGP Singkawang, Waspin Sijabat, di Singkawang, Kamis.

Menurutnya, jika ada pelanggan PDAM yang menunggak selama tiga bulan atau lebih, maka akan ada pemberitahuan melalui SMS Gateway. "Dengan adanya pemberitahuan melalui via SMS, diharapkan pelanggan yang bersangkutan segera melunasi tunggakan sebelum dilakukan pemutusan," tuturnya.

Dia pun memastikan, layanan SMS Gateway ini sudah bisa diberlakukan pada bulan Agustus 2021. 


Baca juga: PDAM Singkawang butuh tambahan IPA dan intake


"Untuk jenis tunggakan akan kita kelompokan mulai dari 3 bulan sampai seterusnya. Begitu pula untuk tagihan rekening berjalan, dimana pemberitahuan SMS Gateway akan dilakukan sebelum tanggal atau jatuh tempo pembayaran rekening air yaitu sebelum tanggal 20," katanya.

Menurutnya, masyarakat juga bisa mengecek tagihan air yaitu dengan mengklik aplikasinya. Kemudian masukkan nomor ID Pelanggan. 

"Maka akan muncul tagihan air yang harus dibayarkan oleh pelanggan tersebut," jelasnya.

Hingga Juni 2021, katanya, jumlah pelanggan PDAM Singkawang ada sebanyak 19.126 SR. 

Wakil Ketua DPRD Singkawang, Sumberanto Tjitra mengatakan, Perumda AMGP Singkawang harus banyak melakukan terobosan seiring perkembangan dunia IT dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, tentunya yang lebih baik dan efektif. 

"Rencana layanan SMS Gateway adalah merupakan salah satu terobosan yang perlu kita dukung bersama. Disamping itu pelayanan yang maksimal juga harus terus ditingkatkan, jangan sampai kendor, karena merasa sudah puas," katanya.

Menurutnya, dengan penerapan layanan SMS Gateway, masyarakat bisa memantau langsung dan layanan ini seperti yang telah dilakukan oleh Perbankan, dimana mereka dalam pemberitahuan menggunakan email.


Baca juga: BCA dan PDAM Singkawang jalin kerja sama mudahkan pelanggan
Baca juga: PDAM Singkawang butuhkan pemasangan pipa distribusi tersier ke pelanggan
Baca juga: PDAM Singkawang maksimalkan distribusi air saat kemarau

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021