Sebanyak 29.906 sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) akan mendapatkan beras bantuan Program Bantuan Beras Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (BB-PPKM) 2021. KPM tersebut yang terdaftar dalam Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST). Ini diungkapkan

Pimpinan Perum Bulog Cabang Ketapang, Meidi mengatakan jumlah tersebut untuk dua kabupaten yakni Ketapang dan Kayong Utara. Ia memaparkan di Ketapang untuk jumlah PKH sebanyak 16.495 dan BST sebanyak 4.116. Sedangkan di Kayong Utara jumlah PKH sebanyak 4.358 dan jumlah BST sebanyak 4.937.

"Data penerima manfaat itu dari Kemensos sedabgkan Bulog sebagai penyedia beras kualitas medium. Masing-masing penerima manfaat akan mendapatkan 10 Kg beras dari bantuan ini," kata Meidi kepada awak media di Ketapang, Kamis (22/7).

Menurutnya berdasarkan jumlah penerima manfaat itu maka Bulog Ketapang akan menyalurkan 299.060 Kg Beras. Khususnya pada Program BB-PPKM 2021 untuk dua kabupaten tersebut. "Penyaluran sudah kita mulai hari ini," ungkapnya.  

Baca juga: Kantor Pos Sintang salurkan bantuan sosial tunai tahap dua

Ia menegaskan bantuan ini lantaran Presiden ingin meringankan beban masyarakat karena dampak PPKM. Pihaknya bersama Dinas Sosial Ketapang dan lainnya sudah melakukan monitoring evaluasi dan pelaporan (Monep) ke gudang Bulog mengenai kesediaan beras untuk dibagikan.

Meidi memastikan beras yang disalurkan hasil pengadaan Bulog yang terbaru, sehingga kualitasnya bagus. "Hasil pengecekan saat kita Monep bahwa stok beras untuk di Ketapang siap dan kondisinya bagus. Serta layak disalurkan untuk dikonsumsi penerima manfaat," jelasnya.

Menurutnya berdasarkan petunjuk yang ada waktu pelaksanaan pembagian BB-PPKM ini selama satu bulan. Namun pihaknya akan berusaha menyalurkan secepatnya. "Kita usahakan dalam bulan Juli ini semua sudah tersalurkan ke penerima manfaat," tuturnya.

Ia menambahkan saat ini beras yang tersedia di gudang Bulog Ketapang sudah dikemas dan siap disalurkan. "Jadi pihaknya sekarang sudah siap untuk mendistribusiknanya kepada KPM. "Hari ini ada yang sudah kita salurkan seperti ke Desa Payak Kumang Kecamatan Delta Pawan," ucapnya.

Baca juga: Bulog Putussibau siapkan 131 ton beras bantuan PPKM dari presiden
Baca juga: Pemerintah Kota Singkawang serahkan bantuan dari Kemensos kepada 10.668 KK
Baca juga: YBM PLN Kalbar salurkan bantuan paket sembako warga terdampak banjir

Pewarta: Bandi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021