Konsul Malaysia di Pontianak, Encik Mohiudin Ghazali mengutarakan harapannya agar ke depan ada peningkatan dan perbaikan sektor perdagangan antara Malaysia dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat di wilayah perbatasan.

"Saya rasa perlu adanya perbaikan berkenaan dengan perdagangan di antara Sarawak dengan Kalbar karena jika ini dimaksimalkan akan mendatangkan banyak manfaat untuk kedua negara," kata Mohiudin Ghazali saat berpamitan dengan Gubernur Kalbar Sutarmidji, di kantor Gubernur Kalbar, Senin.

Dia mengatakan, selama ini perdagangan antara Sarawak dan Kalbar sudah terjalin dengan baik, terakhir untuk pengiriman oksigen dari Sarawak ke Kalbar menjadi contoh kerja sama antar dua negara yang harus terus ditingkatkan.

"Masih banyak sektor lain yang bisa dikerjasamakan. Tinggal bagaimana komitmen antara pelaku dan pemerintah saja dalam menjalankannya," tuturnya.


Mohiudun menambahkan kunjungan tersebut seiring dengan masa tugasnya yang berakhir menjadi Konsul Malaysia di Pontianak. Untuk itu, dirinya menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Kalbar atas kerja sama dan hubungan diplomatik yang terjalin sangat baik antara Pemerintah Provinsi Kalbar dengan Negara Malaysia.

"Saya ucapkan terimakasih kepada Gubernur Kalbar atas sambutan dan kerjasama yang begitu akrab sekali yang saya hadapi selama lima tahun setengah di sini (Pontianak). Dari kerja sama itu kita bisa melihat perubahan-perubahan dan kebaikan yang telah di lakukan, khususnya pembenahan pembangunan di perbatasan dan kerja sama itu sudah pasti diteruskan," katanya.

Kota Pontianak yang telah memberi kesan tersendiri baginya berserta keluarganya, di mana salah satu anaknya yang lahir di Kota Pontianak.

"Perasaan saya sedih terpaksa saya hadapi sekarang untuk meninggalkan Kota Pontianak yang telah memberi banyak kepada saya, seperti contohnya anak saya pun yang bungsu yang dilahirkan di Pontianak. Jadi saya berterima kasih kepada seluruh warga Pontianak khususnya dan Kalbar secara umum," katanya.


Sementara itu, Gubernur Kalbar Sutarmidji menyampaikan terimakasih kepada Konsul Malaysia di Pontianak Encik Mohiudin Ghazali atas kerja samanya selama ini antara Pemerintah Provinsi Kalbar dengan Negara Malaysia, khususnya kerja sama tentang masalah Oksigen yang terjalin sangat baik di saat pandemi COVID-19 yang melanda di Provinsi Kalbar.

"Saya mewakili Pemerintah Provinsi Kalbar sangat berterima kasih kepada Konsul Malaysia khususnya kerjasama oksigen kemarin, ini bukti bahwa kedua negara perbatasan ini soal kemanusiaan kita bisa secepat itu penanganannya," kata Sutarmidji.

Dia mengatakan untuk menjalin kerja sama dalam perdagangan antara dua negara berencana pihak Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Malaysia akan membangun pusat dan kantor perdagangan di Pontianak.

"Insya Allah nanti akan ada kantor dan pusat perdagangan Sarawak di Pontianak, mudah-mudahan dengan begitu kita masih terus berbenah di perbatasan untuk meningkatkan volume perdagangan antara Kalbar dengan Malaysia melalui Sarawak. Untuk sekarang ekspor ke Malaysia melalui perbatasan Badau, Kabupaten Putusibau, sudah dilakukan. Mudah-mudahan ke depan volumenya semakin besar dan kita akan menjalin kerjasama di bidang kesehatan dan bidang lainnya," paparnya.


 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021