Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu merencanakan capaian pendapatan daerah pada Tahun 2022 mendatang mencapai Rp1,566 triliun lebih.

"Secara keseluruhan pendapatan daerah direncanakan Rp1,566 triliun lebih untuk tahun depan," kata Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat, saat menyampaikan pidato pengantar pembahasan Raperda APBD Tahun 2022, di Gedung DPRD Kapuas Hulu, Rabu.

Disampaikan Wahyudi, rancangan anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kapuas Hulu Tahun anggaran 2022 dimulai dari pendapatan daerah yang terdiri dari pendapatan asli daerah, pendapatan transfer, dan lain-lain pendapatan yang sah.

Sedangkan untuk, belanja daerah Kapuas Hulu Tahun anggaran 2022 secara keseluruhan direncanakan sebesar Rp1,586 triliun.

"Belanja daerah itu terdiri dari belanja operasi, belanja modal, belanja tidak terduga, dan belanja transfer yang di dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah Tahun anggaran 2022," ucap Wahyudi.

Menurut dia, penyusunan APBD merupakan proses penetapan kerangka kebijakan tentang hak dan kewajiban pemerintah daerah kepada Masyarakat yang tertuang dalam rancangan pendapatan, belanja dan pembiayaan.

APBD juga merupakan implementasi dari visi dan misi kepala daerah yang termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kapuas Hulu Tahun 2021-2026.

Disebutkan Wahyudi, program pembangunan sebagaimana tercantum dalam RPJMD Kapuas Hulu Tahun 2021-2026 merupakan cerminan dari visi dan misi pembangunan daerah yang dilaksanakan dalam kurun waktu 5 (lima) tahun.

"Maka agenda pembangunan yang tercantum dalam RPJMD adalah terwujudnya Kapuas Hulu yang harmonis, energik, berdaya saing, amanah dan terampil," jelasnya.

Ia mengatakan untuk mendukung pencapaian sasaran prioritas pembangunan tersebut, maka penyusunan APBD Tahun Anggaran 2022 harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 27 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2022.***1***
Caption: Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat menyampaikan nota keuangan pembahasan APBD Kapuas Hulu Tahun 2022, saat Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kapuas Hulu. ANTARA FOTO/HO-Humas Setda Kapuas Hulu (Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021