Himpunan Mahasiswa Bahasa Indonesia (Himbasi) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak menggelar Gebyar Bulan Bahasa (GBB) 2021 untuk memperkuat eksistensi Bahasa Indonesia, khususnya di dunia pendidikan.

"Pada Gebyar Bulan Bahasa 2021 ini kami mengambil tema Memperkuat Eksistensi dan Keharmonisan Bahasa Indonesia sebagai Jati Diri Bangsa. Eksistensi bahasa menjadi sorotan utama, yaitu dalam dunia pendidikan," ujar Ketua Panitia, Rifky Pradana Ashari, saat pembukaan GBB 2021, Pontianak, Sabtu.

Baca juga: Antara Kalbar-FKIP Untan tingkatkan kerja sama Kampus Merdeka
Baca juga: Tim Monev MBKM FKIP Untan lakukan kunjungan ke ANTARA Biro Kalbar

Rifky Pradana Ashari juga mengatakan, dari tema ini mereka selaku Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia ingin menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap bahasa.

"Mengangkat tema ini kami bertujuan untuk memperkuat rasa tanggung jawab dan kewajiban untuk menjaga warisan atau adat yang telah dimiliki sebagai sebuah keharusan, terutama bahasa," tuturnya.

Dekan FKIP Untan Pontianak, Martono mengapresiasi penuh kegiatan GBB 2021 yang diselenggarakan oleh Himbasi FKIP Untan tahun ini.

"Saya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Himbasi. Ada inovasi yang disesuaikan dengan kondisi COVID 19," ujar Martono, saat memberikan sambutan dan membuka kegiatan GBB melalui Zoom Meeting.

Tidak hanya mengapresiasi, Martono juga memberikan semangat dan motivasi kepada Himbasi untuk selalu berkreasi.

Baca juga: Mahasiswa FKIP Untan pecahkan rekor dunia panjat tebing di AS

"Mahasiswa harus semangat, bisa mencari solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapinya," ujarnya.

Sejalan dengan itu, Ketua Umum Himbasi periode 2021/2022, Rian Novianto juga berharap apa yang diinginkan dari kegiatan ini bisa tercapai. Serta anggota Himbasi bisa adaptif terhadap situasi dan kondisi apapun.

"Pada GBB tahun ini, kami melakukan inovasi baru dari kegiatan-kegiatan GBB sebelumnya. Tentu dengan tidak mengesampingkan esensi dari Bulan Bahasa. Inovasi ini timbul karena adaptasi kami terhadap kondisi pandemi COVID-19 ini," ujarnya, saat memberikan sambutan pembukaan GBB 2021, Pontianak.


Baca juga: Balai Bahasa Kalbar latih mahasiswa MBKM magang FKIP Untan jadi peneliti
Baca juga: Dekan FKIP Berikan Kuliah Umum Di Singkawang
Baca juga: IKIP PGRI Pontianak gelar webinar nasional pembelajaran bahasa Inggris kebiasaan baru

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021