Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kalimantan Barat Ani Sofyan mengatakan pihaknya Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat pada 1 Desember 2021, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

"Tes itu akan diikuti 118 pelamar yang telah lolos Seleksi Kompotensi Dasar yang akan dilaksanakan di Kantor Perwakilan BKN. Dalam pelaksanaannya kita akan menerapkan prokes ketat, baik bagi peserta maupun pelaksana," kata Ani Sofyan di Pontianak, Senin.

Baca juga: Kabupaten Landak laksanakan tes SKB CPNS dengan protokol kesehatan
Baca juga: Petugas temukan jimat di dalam sepatu peserta CPNS

Ia menjelaskan pelaksanaan tes itu dibagi dalam tiga sesi satu hari. Peserta yang ikut tes SKB, diambil sebanyak tiga orang dengan nilai tertinggi di satu formasi saat pelaksanaan SKD. 

Para peserta yang lolos nanti adalah mereka yang memperoleh nilai tertinggi. Adapun nilai tertinggi itu perolehan total dari SKB dan SKD. 

"Nilai SKD dan SKB digabung jadi satu yang tertinggi dari tiga orang lulus," ujar dia.

Ia memastikan pelaksanaan SKB menerapkan protokol kesehatan. Ketentuan itu tertuang dalam pengumuman jadwal pelaksanaan SKB yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.   

Baca juga: Ombudsman pantau persiapan SKB CPNS Sambas

Antara lain penggunaan double masker, peserta wajib mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan sanitasi tangan yang disediakan panitia, dan pengukuran suhu.

Untuk pengukuran suhu dilakukan dua kali. Apabila suhu tubuh, lebih tinggi dari 37,3 derajat Celcius, maka diberikan tanda khusus dan mengikuti ujian di ruangan khusus yang disiapkan panitia. Peserta juga diingatkan untuk menghindari kerumunan baik mulai kedatangan sampai meninggalkan lokasi ujian.
 
Sofyan menjelaskan para peserta juga akan mengikuti tes usap. Dalam pengumuman yang dikeluarkan Pemprov Kalbar tes PCR dilakukan kurun waktu maksimal 3x24 jam atau tes antigen kurun waktu maksimal 1x24 jam. Jika hasil tes positif peserta masih dapat ikut namun di ruangan terpisah.

"Kalau yang positif disiapkan ruangan tersendiri," kata Sofyan.  

Baca juga: Tes SKB CPNS Singkawang 12 Desember
Baca juga: Hanya 480 CPNS Pontianak ikuti tes SKB
Baca juga: Tahapan SKB penerimaan CPNS di Pontianak ditunda
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021